Gelar Bimtek Pemanfaatan TOGA

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani membuka Bimbingan Teknis Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), di Sekretariat PKK Kota Banjarbaru Jalan Taman Gembira Barat Kelurahan Gutung Paikat Banjarbaru.

Pelatihan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengolahan TOGA khususnya jahe merah. Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru bekerjasama dengan TP PKK Kota Banjarbaru.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian danPerikanan Kota Banjarbaru Siti Hamdah, mengatakan TOGA atau dikenal dengan apotik hidup merupakan tanaman yang ditanam pada area di sekeliling rumah, halaman rumah, ditempatkan dalam pot atau ditanam pada kebun yang luasnya memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah.

“Pemanfaatan lahan pekarangan sebagai taman TOGA sehingga termanfaatkan secara optimal serta dapat meningkatkan nilai ekonomi, dan menambah pendapatan keluarga dengan menjual produk dari hasil budidaya TOGA,” ujarnya.

Ketua TP PKK kota banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan untuk meningkatkan dan menambah wawasan tentang TOGA.

“Dimana Bimtek ini berguna untuk memberikan pemahaman kepada TP PKK khususnya Pokja III TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Banjarbaru dalam memanfaatkan tanaman menjadi obat yang bermanfaat bagi keluarga, karena obat-obatan yang berasal dari tanaman lebih sehat,” ujarnya.

Peran ibu-ibu dalam rumah tangga khususnya sebagai pengurus TP PKK merupakan garda terdepan dalam menciptakan keluarga yang sehat dan mandiri. Hj Ririen Nadjmi Adhani berharap kepada para peserta Bimtek setelah Bimtek ini dapat menyampaikan hasil dari Bimtek ini kepada Ketua TP PKK masing-masing.

Budidaya tanaman obat yang berkelanjutan dapat memacu usaha kecil dan menengah (UMKM), karena selain bisa digunakan untuk kebutuhan sendiri dapat juga memiliki nilai jual apabila toga bisa di olah dengan baik. (rul)

BACA JUGA :
Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan, Wali Kota: ASN harus Jadi Pelopor dan Panutan

Berita Terbaru

Scroll to Top