Puncak Operasi Ketupat Intan di Peringatan Haul ke-213 Datu Kelampayan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
AKP Indra Agung Perdana, Kasatlantas Polres Banjar

KLIKKALIMANTAN.COM – 10 Juni 2019, pukul 00.00 Wita dini hari, Operasi Ketupat Intan Pengamanan Mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H di tiga wilayah yakni, samping ruas Jalan A Yani Kecamtan Gambut, depan taman Cahaya Bumi Selamat (CBS), dan di samping ruas Jalan A Yani Kecamatan Astambul telah berakhir.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete melalui Kasatlantas, AKP Indra Agung Perdana, Selasa (11/6/2019) saat menghadiri undangan halal bi halal di kediaman dinas Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur di Jalan A Yani KM 38, Kecamatan Martapura.

“Dari tiga pos terpadu pengamanan mudik lebaran Idul Fitri yang telah disiagakan sejak H-7 hingga H+7 mendapat apresiasi yang sangat baik dari masyarakat,” ujar Indra Agung.

Ketiga lokasi yang dibangunkan pos pengamanan mudik lebaran tersebut, ujar Indra, merupakan jalur yang banyak dilintasi pemudik baik dari arah Kota Banjarmasin menuju Hulu Sungai maupun sebaliknya, serta rawan terjadi laka lantas.

“Alhamdulillah selama proses pengamanan arus mudik lebaran berjalan lancar dan tidak ada didapati kegitan yang signifikan, hanya kejadian rutin seperti adanya lakalantas dan tindak kejahtan konvensional yang juga dapat kami tekan,” ucapnya.

Dikatakan Indra meski pada lebaran Idul Fitri 1440 H tahun ini masih saja ada didapati masyarakat yang melanggar aturan tata tertib lalau lintas yang berpotensi menyebabkan laka lantas. Namum, kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas kian meningkat dari tahun sebelumnya.

“Terbukti saat kami berusaha mengurai kemacetan mereka semua mengikuti, dan bagi yang melanggar tata tertib lalu lintas tidak langsung kami tindak, dan hanya memberikan imbauan dan arahan saja, terkecuali yang berpotensi menyebabkan kecelakaan baru kami tindak,” tandasnya.

Serta ia pun menambahkan, dari hasil oprasi ketupat intan yang digelar dari H-7 hingga H+7 telah terjadi lakal lantas dibeberapa lokasi diantaranya; di kawasan Kecamatan Gambut, Simpang Empat yang dalam satu hari bisa mencapai empat kecalakan namun bisa diatasi dengan baik dan di antaranya ada yang meninggal dunia.

BACA JUGA :
Polres Banjar Musnahkan 1,3 Kilogram Sabu Hasil Ungkap Kasus Dua Orang Tersangka

“Sedangkan puncak dari kegiatan Operasi Ketupat Intan 2019 dilaksanakan saat peringatan Haul ke-213 Jaddina Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang kerab disebut Datu Kelampayan di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, dengan melibatkan seluruh satuan Polres Banjar, Kodim 1006 Martapura, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Banjar, serta instansi terkait lainya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top