Terancam Aktivitas Pertambangan, Disdik Akan Relokasi SDN Bawahan Selan 6

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar mewacanakan relokasi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bawahan Selan 6, Jalan Munggu, Kecamatan Mataraman, yang terancam aktivitas pertambangan batubara.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Disdik Kabupaten Banjar, Liana Penny, kepada klikkalimantan.com saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (16/11/2022).

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar saat ini terus berkomunikasi dengan pihak PTPN dan perusahaan tambang batubara, terkait keberadaan bangunan sekolah yang berada di kawasan tersebut,” ujarnya.

Upaya tersebut dilakukan Disdik Kabupaten Banjar untuk mengkaji beberapa opsi terkait layanan pendidikan yang diberikan kepada masyarakat di Desa Bawahan Selan.

“Jadi ada dua opsi. Apakah akan melakukan relokasi atau regrouping dengan sekolah terdekat, yakni dengan SDN Bawahan Selan 1. Karena, SDN Bawahan Selan 6 yang saat ini memiliki siswa sebanyak 57 orang tersebut dibangun di atas lahan PTPN pada 1982 silam dengan status pinjam pakai,” ucapnya.

Lalu, kapan rencana relokasi atau regrouping dilakukan, mengingat bangunan SDN Bawahan Selan 6 tersebut hanya berjarak sekitar 10 meter dari lumbang tambang batubara?.

Liana Penny menyatakan pihaknya masih belum dapat memastikan.

“Saat ini masih terus dilakukan komunikasi dan dikaji. Kita berharap dapat dilakukan dengan secepatnya,” pungkasnya.(zai/klik)

BACA JUGA :
Yakin Lahan Miliknya, Syaiful Tutup Jalan Houling Balangan Coal

Berita Terbaru

Scroll to Top