DKISP Banjar Gelar Bimtek Literasi Keamanan Informasi Data

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Statistik dan Persandian melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Keamanan Informasi yang berbasis elektronik dan non elektronik, Rabu (16/11/2022) di Aula Cakrawala kantor dinas setempat. Bimtek diselenggarakan seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya. Termasuk di dalamnya tramsformasi penggunaan data fisik menjadi data elektronik.

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith yang hadir saat pembukaan bimtek mengatakan, ke depan DKISP makin digital makin maju, kalau mau makin maju makin digital. Menurutnya, digitalisasi ada dua sisi, yaitu sisi negatif dan sisi positif.

“Negatifnya orang bisa mengambil data kita untuk hal-hal yang merugikan kita, tapi kalau data positif yang kami sampaikan misal data kominfo mengeluarkan data Kabupaten Banjar maka secara eletronik dalam rangka membangun Kabupaten Banjar mereka tau potensinya, Alhamdulillah itu bagus,” ungkapnya.

Oleh karena itu lanjut Basith, Kominfo memberikan pencerahan kepada semua SKPD untuk keamanan informasi, selain informasi luas disebarkan tetapi juga segi keamanannya harus tetap terjaga. Diharapkan, para peserta dapat mengikuti Bimtek dengan sebaik-baiknya, dan bisa menjaga informasi agar tidak bocor yang pada akhirnya dapat merugikan.

“Karena selain kepentingan di kantor juga bermanfaat untuk kepentingan pribadi, kita bersama-sama dengan Kominfo menjaga bagaimana informasi agar tidak bocor atau hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Narasumber pada bimtek ini, Kepala Bidang Penyelenggaraan E Government Bidang IKP, Cornelius Kristiyanto mengetengahkan tentang pelaksanaan persandian dan pengamanan informasi pada pemerintah daerah dan Abdul Hafizh dari Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan terkait pengamanan informasi elektronik dan non elektronik. (to/klik)

BACA JUGA :
Aruh Sastra Kalsel Ke-18 Digelar di Balangan

Berita Terbaru

Scroll to Top