Amankan Nataru, Polri Terjunkan 166.000 Personel Gabungan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Matangkan persiapan pengamanan dan penjagaan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjar ikuti rapat lintas sektoral Kementerian di Mabes Polri melalui video conference, Jum’at (16/12/2022).

Dalam gelaran rapat lintas sektoral untuk menjamin Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), serta guna menciptakan keamanan ketertiban dan kelancaran (Kamtibcar) lalulintas tersebut, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menegaskan, kepolisian bersama stakeholder terkait akan terus bekerja keras.

“Salah satunya, memastikan kesiapan infrastruktur jalan agar arus mudik Nataru bisa berjalan baik, seperti yang dilaksanakan sebelumnya. Yakni perayaan Hari Raya Idul Fitri, dan mudah-mudahan kali ini bisa lebih baik,” katanya.

Guna mewujudkan perihal tersebut, lanjut Listyo Sigit Prabowo, kepolisian akan menyiapkan sejumlah Pos Pengamanan, Pelayanan Terpadu, yang bersinergi bersama stakeholder terkait.

“Dengan adanya pos tersebut, diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan pada saat momen Nataru. Kemudian, mencegah kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Serta, petugas dapat bergerak cepat membantu masyarakat apabila ada insiden-insiden yang terjadi di lapangan,” ujarnya.

Terlebih, papar Listyo Sigit Prabowo, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tercatat sebanyak 44 Juta orang akan bepergian. Sehingga, sejumlah infrastruktur harus dipastikan kesiapannya untuk menunjang aktivitas masyarakat yang merayakan Nataru.

“Untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, sebanyak 166.000 personel gabungan akan dikerahkan dalam pengamanan Nataru. Kita akan melaksanakan operasi Lilin selama 11 hari terhitung dari 22 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023,” jelasnya.

Usai mengikuti rapat lintas sektoral melalui video conference di Aula Tribrata Mapolres Banjar, Kapolres Banjar, AKBP Doni Hadi Santoso, melalui Iptu Suwarji selaku Kepala Seksi (Kasi) Humas, mengatakan, Polres Banjar juga akan melakukan pengamanan gabungan bersama personel TNI, Dishub, Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :
Stabilkan Harga Elpiji 3 Kg Bulan Maulid, Operasi Pasar Digelar di 9 Kecamatan

“Sebanyak 90 orang personel akan ditempatkan di 2 pos pengamanan nantinya. Yyakni di Jalan Ahmad Yani Km 14 Gambut, dan di Simpang Tiga Mandiangin Jalan Ir PM Noor Kecamatan Karang Intan. Karenanya, kami mengimbau masyarakat selama perayaan Nataru agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, dan menaati tata tertib dalam berlalulintas, sehingga pelaksanaan Nataru situasi Kamtibmas berjalan kondusif,” pungkasnya.(Humas/zai/klik)

 

Berita Terbaru

Scroll to Top