Pelatihan Peningkatan Kompetensi Wartawan, Wartono: Pers Emban Tugas Mulia

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Banjarbaru menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Wartawan, Selasa (27/12/2022) di Aula Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru. Pembukaan pelatihan dihadiri Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono didampingi Kepala Disdik, Dedy Soetoyo.

Dikatakan Wartono dalam sambutannya pada pelatihan menghadirkan Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, pelatihan ini bentuk kesadaran betapa pentingnya meningkatkan standarisasi kompetensi wartawan. Dengan begitu, para awak media mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui pemberitaan yang berkualitas.

Menurutnya, fungsi pers selain sebagai penyampai informasi, adalah sebagai kontrol sosial dengan tetap berpegang pada kode etik jurnalistik. Termasuk di dalamnya menyampaikan kritik kepada pemerintah.

“Di era domokrasi dan keterbukaan sekarang ini, pemerintah memerlukan kiritik. Termasuk didalamnya mengoreksi kebijakan dan program pemerintah sehingga pemerintah dapay melakukan koreksi,” kata Wartono.

Mengemban tugas mulia, menurut Wartono, insan pers juga harus berani introspeksi diri sehingga informasi yang disampaikan tidak merugikan pihak lain. Pers juga harus dapat menangkal berita hoaks. “Sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang akurat dan benar,” ujarnya.

Tentang pelatihan yang digelar, Ketua PWI Kota Banjarbaru, Rasyid Ridho menyampaikan, pelatihan diikuti 40 wartawan yang bertugas di wilayah Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

“Kepada teman-teman wartawan, ayo manfaatkan pelatihan ini untuk menggali ilmu lebih banyak lagi bidang jurnalistik yang akan disampaikan Ketua PWI Kalsel sebagai narasumber,” kata Rasyid Ridho. (to/klik)

BACA JUGA :
Sekda: Duta Perubahan Perilaku Contoh di Tengah Masyarakat

Berita Terbaru

Scroll to Top