Segera Gelar Bazar UMKM di Murjani

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN – Dalam waktu dekat ini tepatnya tanggal 3 – 7 Juli 2019, Lapangan Dr Murjani bakal kembali menjadi tempat penyelenggaraan sebuah kegiatan (event) menarik.

Event yang dimaksud yaitu Bazar UMKM Kota Banjarbaru 2019 yang diadakan oleh Dinas Koperasi UKM dan Naker Kota Banjarbaru, melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu atau PLUT Kota Banjarbaru.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Naker Kota Banjarbaru, Muhammad Rustam, didampingi Koordinator (Pengelola) PLUT Kota Banjarbaru Rizla Syahrianoor, meyakinkan kegiatan yang merupakan bagian dari program Dinas Koperasi UKM dan Naker yang dilaksanakan satu kali setiap tahunnya ini, sudah siap digelar.

“Di samping kita menampilkan produk UKM Kota Banjarbaru, juga ikut meramaikan pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Kota Banjarbaru. Kita mendukung program pemerintah pusat,” ujar Rustam.

Rustam menambahkan, pelaku ekonomi kreatif yang terlibat atau ikut serta dalam bazar ini terbilang cukup banyak. Untuk itu, Dinas Koperasi UKM dan Naker Kota Banjarbaru menyiapkan sebanyak 50 tenda dalam kegiatan itu.

“Kami bekerja sama dengan pihak EO agar nantinya bisa menambah tenda di luar daripada itu (50 tenda). Jadi bisa mengakomodir di luar dari UKM yang kami programkan,” terangnya.

Lebih lanjut Rustam menerangkan, berbagai macam jenis produk UMKM ditampilkan atau dijual dalam bazar ini. Selain itu, Dinas Koperasi UKM dan Naker Kota Banjarbaru tidak hanya melibatkan pelaku ekonomi kreatif, namun juga merangkul anak-anak SMK untuk menampilkan produk olahannya selama ini.

“Rencananya nanti kita juga akan merangkul saudara-saudara kita yang difabel untuk menampilkan produk-produknya. Karena yang kami tahu, produk olahan mereka juga cukup bagus, baik produk kuliner maupun fashion-nya,” tuturnya.

Di sisi lain Rustam menyebutkan bahwa produk UMKM Kota Banjarbaru seperti kain sasirangan bordir dan aneka kerajinan tas purun, levelnya sudah menasional.

BACA JUGA :
Punya Gejala, Konsultasikan ke Poli Covid-19 RSD Idaman Banjarbaru

“Yang lagi naik daun sekarang yaitu tas purun. Dan ternyata saat saya membawa tas purun itu ke hotel menemui tamu dari luar daerah, tanpa menanyakan harga beliau langsung membelinya, tidak terpengaruh berapapun harganya,” bebernya.

Sementara itu, terkait Kota Banjarbaru yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan HARGANAS tahun 2019, terlebih tamu/peserta yang datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, Rustam menargetkan produk-produk UMKM Kota Banjarbaru bisa dan mampu bersaing secara nasional.

“Momen seperti ini, mudah-mudahan masyarakat khususnya pelaku UKM ini dapat mengambil nilai tambahnya berupa peningkatan ekonominya,” demikian Rustam.(rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top