Kepala BKKBN RI Kampung KB Pumpung

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN – Kampung KB Pumpung yang beralamat di Jalan Trisakti RT 24 RW 10, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, kedatangan tamu istimewa.

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo didampingi isteri, mengunjungi Kampung KB tersebut dalam rangkaian acara puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI 2019, yang dilaksanakan di Kota Banjarbaru, Sabtu (6/7).

Di tempat ini, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani beserta isteri dan Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan, turut mendampingi Hasto Wardoyo. Suasana begitu cair, penuh keakraban dan kehangatan.

Usai sepatah dua patah kata dan tanya jawab dengan warga sekitar dan kader, Hasto Wardoyo beserta Nadjmi Adhani dan Darmawan Jaya meninjau Rumah Dataku Kampung KB Pumpung.

Setelahnya, rombongan langsung menuju ke Tugu Intan Trisakti yang berada tepat di seberang Rumah Dataku, sembari melihat-lihat produk kerajinan/ekonomi kreatif dari warga sekitar.

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo menyampaikan, Banjarbaru merupakan salah satu kota yang mempunyai Kampung KB yang maju dan bisa menjadi percontohan bagi Kampung KB lainnya.

“Dan ternyata betul, saya sangat terkesan, ekonomi kreatifnya jalan, pengurusnya juga kompak. Kemudian datanya itu detail, kadang-kadang di desa itu (mencari) data detail kan susah, tetapi ini (di Rumah Dataku Kampung KB Pumpung) detail,” ungkap Hasto Wardoyo.

Bahkan, kata pria yang juga menjabat sebagai Bupati Kulon Progo ini, data-data penduduk dalam 5 tahun terakhir juga sampai dibuatkan demografinya di Rumah Dataku Kampung KB Pumpung ini.

“Misalkan usia 0 sampai 4 tahun berapa, kemudian 5 sampai 10 tahun berapa, itu dibuat demografinya. Saya mengapresiasi Pak Walikota (Banjarbaru) karena usia 0 sampai 4 tahun itu mengecil, sedangkan usia 5 tahun ke atas banyak,” bebernya.

BACA JUGA :
Tim Verifikasi PHBS Datangi Banjarbaru

Ia menilai di masa kepemimpinan Nadjmi Adhani dan Darmawan Jaya Setiawan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru, program KB (Keluarga Berencana) di Kampung KB Pumpung ini dapat berjalan dengan baik lantaran angka kelahiran di tempat ini menurun.

“Saya nanti akan cerita di tempat lain bahwa sebenarnya pemberdayaan di Kampung KB itu bisa terjadi, contohnya di (Kampung KB) Pumpung ini bisa terjadi dengan baik,” ucapnya.

Terkait apresiasi dan kesan yang diberikan oleh Kepala BKKBN RI terhadap Kampung KB Pumpung, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, menyampaikan hal terpenting dari apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru ini, bisa dirasakan oleh masyarakat Banjarbaru.

“Alhamdulillah mendapatkan apresiasi. Mudah-mudahan bisa kita kembangkan di banyak tempat lainnya di Kota Banjarbaru. Ada titik-titik atau kawasan yang harus kita sentuh dengan program seperti ini. Semua elemen masyarakat harus ikut mendukung,” demikian Nadjmi Adhani. (rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top