600 Personel Gabungan Diterjunkan, Kapolres Harapkan Arus Lalu Lintas Berjalan Lancar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dihadiri ribuan jamaah, Polres Banjar bersama Kodim 1006 Banjar, serta stakeholder terkait lainnya pastikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas para jamaah yang menghadiri puncak peringatan Haul ke-217 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Guna mendukung serta menyukseskan rangkaian kegiatan Haul ke-217 Ulama Kharismatik Kalimantan Selatan (Kalsel) yang masyhur disebut Datu Kalampayan tersebut, Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat Taufik mengatakan pihaknya jauh hari sudah mendirikan Pos Pengamanan (PAM) arus lalu lintas di tiga titik.

“Ada tiga titik Pos PAM yang didirikan untuk memonitoring arus lalu lintas, baik jalur kedatang dan kepulangan para jamaah haul dari arah Banjarmasin, Hulu Sungai, dan dari arah Banjarbaru, yakni di samping ruas Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Martapura, dan di samping ruas Jalan Ahmad Yani KM48, Kecamatan Astambul, serta di wilayah Kelurahan Pasayangan,” ujarnya pada, Kamis (27/4/2023).

Di tengah melakukan monitoring jalur kedatangan para jamaah di Pos PAM yang berada di Desa Telok Selong, Kecamatan Martapura Barat. Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat Taufik juga menyebutkan jumlah personel gabungan yang diterjunkan untuk melakukan pengaman arus pada puncak kegiatan haul yang dilaksanakan di Masjid Tuhfaturrhagibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur hari ini.

“Kami bersama Kodim 1006 Banjar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, serta instansi terkait lainnya telah menerjunkan sebanyak 600 personel, terdiri dari 258 personel dari kepolisian,” bebernya.

Karena itu, ia berharap rangkaian kegiatan Haul ke-217 Datu Kalampayan di 2023 ini, serta arus lalu lintas dapat berjalan lancar.

“Untuk jalur ke pulangan para jamaah dari arah Banjarmasin tetap melintasi ruas Jalan Martapura Lama, dan jamaah dari Kota Banjarbaru, serta dari Hulu Sungai melintasi ruas Jalan Ahmad Yani. Sementara kami perioritas kendaraan roda dua berkoordinasi dengan para relawan haul yang mengelola kantong – kantong parkir,” ucapnya.

BACA JUGA :
DPRD Desak Pemkab Banjar Berikan Asuransi untuk Petugas BPK

Sebelumnya, guna mendukung kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan Haul ke-217 Datu Kalampayan. Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat Taufik juga sudah memberikan imbauan agar para jamaah yang hadir, baik melalui jalur darat dan jalur sungai tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, serta mematuhi peraturan lalu lintas, dan mengikuti arahan dari para petugas.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top