Kandidat Penerima Penghargaan Satya Lencana Wira Karya, Bupati Paparkan Program Pembangunan Pertanian

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Bupati Balangan H Abdul Hadi

klikkalimantan.com, PARINGIN  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan kedatangan tamu dari Tim Sekretariat Militer (Setmil) Kepresidenan, Kamis (9/3/2023). Kedatangan Tim Setmil disambut Bupati Balangan, H Abdul Hadi di Aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati Balangan di Paringin Selatan.

Kedatangan Tim Setmil dipimpin Kepala Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (GTK), Brigjen TNI Ludi Prastyono ini dalam rangka penilaian dan verifikasi lapangan untuk penghargaan Satya Lencana Wira Karya Pembangunan Pertanian dari Presiden RI. Karena speerti diketahui, Bupati Abdul Hadi diusulkan sebagai salah satu penerima penghargaan.

Brigjen TNI Ludi Prastyono mengungkapkan, verifikasi yang dilakukan tak hanya administrasi, tapi juga uji lapangan. Siantaranya melihat langsung sektor pertanian di Kabupaten Balangan salah satunya di Desa Binju, Kecamatan Halong dan Kebun Porang di Desa Uyam, Kecamatan Juai.

Di hadapan para penilai dari Tim Setmil, Bupati Abdul Hadi sejumlah kebijakan dan program yang dibuat untuk membangun sektor pertanian di Kabupaten Balangan. Diantaranya Program Kredit Daerah Sanggam Babungas atau Sanggam Bausaha Bebas Bunga dan Biaya Administrasi, yakni memberikan pinjaman untuk permodalan bagi pelaku usaha termasuk pelaku usaha di sektor pertanian dan perikanan.

Ada juga Program 1 Desa 1 Penyuluh, pembangunan 1 Desa 1 Jalan Usaha Tani atau Jalan Produksi, memberikan sarana peningkatan produksi bagi tanaman pangan, memberikan alat maupun mesin pertanian, dan membangun prasarana pertanian.

“Kami juga mendukung Pengendalian Inflasi Daerah dengan cara memberikan ribuan bibit cabai, bawang merah, bantuan pangan yang penerimanya tersebar di tiap kecamatan dan bantuan BBM untuk mesin penggiling padi,” kata Abdul Hadi. (mah/klik)

BACA JUGA :
Dana Transfer Daerah untuk Kabupaten Banjar TA 2024 Rp2,18 Triliun
Scroll to Top