Kalsel Jadi Acara Pembukaan Serangkaian Kegiatan ke-115 Tahun HBDI di Seluruh Indonesia

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Kenang jasa para dokter yang telah membangkitkan semangat perjuangan pada 20 Mei 1908. Dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) gelar peringatan ke-115 Tahun Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI).

Dengan mengusung tema ‘Dokter Indonesia untuk Rakyat Indonesia’. Peringatan ke-115 tahun HBDI tersebut dilaksanakan IDI dengan menggelar kegiatan bakti sosial medis di 500 titik kabupaten/kota yang ada di Indonesia, salah satunya seperti di Kota Banjarbaru pada, Jumat (19/5/2023).

Bertempat di teras Kantor Balai Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru, Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) IDI, DR dr Moh. Adib Khumaidi mengatakan, pada momentum HBDI tersebut para sejawat dapat saling berjumpa dan untuk memberikan pelayanan secara bersama-sama, sehingga dapat meningkatkan rasa kebersamaan, kesolidan para dokter dalam menjawab tantangan kesehatan yang jauh lebih banyak kedepannya.

“Peran para dokter anggota IDI yang berkolaborasi bersama tenaga kesehatan dan Organisasi Profesi Kesehatan lainnya akan terlihat sangat kuat di masa ini. Kolaborasi inilah yang mendorong kita bersama untuk membangun kesehatan di wilayah masing-masing. Serta menunjukkan, bahwa dalam pengabdiannya dokter dan tenaga kesehatan selalu menjadi mitra utama strategis bagi pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Turut serta menambahkan, Ketua IDI Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), dr Sigit Prasetia Kurniawan menjelaskan, puncak peringatan ke-115 tahun HBDI di wilayah Provinsi Kalsel digelar dibeberapa kabupaten/kota, yakni di Desa Pandahan, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Desa Margasari, Kabupaten Tapin, Desa Loksado dan Pondopo Bupati Kabupaten Hulus Sungai Selatan (HSS), dan di Q Mall Kota Banjarbaru terhitung dari 19-21 Mei 2023.

“Kegiatan yang kami laksanakan yakni memberikan pengobatan gratis dari dokter spesialis, pembangunan sumber air bersih, pembangunan jamban sehat, pengukuhan dan skrining kesehatan, bakti sosial, sunatan massal, donor darah, serta berbagai sarasehan percepatan penanganan stunting,” bebernya.

BACA JUGA :
Edy Isyaratkan Ikuti Jejak Ovi

Tak hanya itu, dr Sigit Prasetia Kurniawan juga mengungkapkan bahwa peringatan ke-115 tahun HBDI di Provinsi Kalsel menjadi acara pembuka serangkaian kegiatan HBDI yang akan diselenggarakan baik 34 IDI Wilayah dan 456 IDI Cabang di seluruh Indonesia.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top