Sebentar Lagi Ibukota Negara Pindah dari DKI Jakarta ke IKN

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SALAMAN - Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin diikuti Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK saat bersalaman dengan tokoh bubuhan Banjar di Semarang, Jateng (prokopim/klik)

klikkalimantan.com, SEMARANG – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor biasa disapa Paman Birin, yang sekaligus juga Ketua Dewan Pusat Kerukunan Bubuhan Banjar se-Dunia melantik pengurus KBB Jateng periode 2022-2027 di Metro Park Hotel Semarang (Mutiara Ballroom Lt 3) di Jalan KH Agus Salim Nomor 2-4, Kauman, Semarang, Jateng, Minggu 21 Mei 2023.

Acara tersebut sekaligus halal bihalal dengan KBB Jateng. Halal bihalal yang bertema “Rayakan Kemenangan, Perkuat Tali Silaturrahim Menyongsong Masa Depan” ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kalsel, Supian HK, dan KH Ahmad Supian Al-banjari sebagai pengisi tausiyah, serta Hj Ramadhan Najwa, qariah asal Kalsel juara I putri pada MTQ Antar Bangsa di Sumatera Utara (Sumut), yang membacakan ayat Alquran pada awal acara.

Paman Birin mengatakan, pertemuan ini merupakan momentum langka yang harus dimanfaatkan untuk menjalin tali silaturahmi dan mempererat hubungan sesama warga Banjar perantauan di Jateng.

“Kita boleh saja dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda, tetapi hendaknya tetap menjaga nama baik Banua di perantauan,” pinta Paman Birin.

Sebentar lagi, kata Paman Birin, ibukota negara berpindah dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Daerah tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Tabalong dan Tanah Bumbu di Kalsel.

Walau Kalsel, tambah Paman Birin, tidak terpilih sebagai pusat IKN. Namun, provinsi ini akan menjadi daerah penyangga, sekaligus gerbang IKN. Itulah alasannya ia mempopulerkan istilah ‘Kalsel Babussalam’.

Selain itu, lanjut Paman Birin, di pulau Kalimantan ini paling banyak penduduknya adalah suku Banjar, sehingga penutur bahasa Banjar pun sering digunakan di Kalimantan- bahkan sampai ke pulau Jawa. Tak hanya di Kalimantan, orang Banjar pun merantau sampai ke sejumlah negara seperti Swiss, London, Arab Saudi, Mesir, Amerika Serikat, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Brunei Darussalam. “Itulah yang mendasari saya membentuk KBB Se-dunia,” terang Paman Birin.

BACA JUGA :
Batal Haji Karena Pandemi, Najwan Noor: BPIH Bisa Diambil Lagi

Ketua Umum KBB Jateng, Bahrudin Noor menyebutkan, saat ini bubuhan Banjar di Jateng, terutama di Kota Semarang, tercatat mencapai 450 KK  dengan 1.000 jiwa. Sedangkan mahasiswa Kalsel mencapai 200 orang yang tersebar di PTN/PTS.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdaprov Jateng, Edy Supriyanta menyatakan salut dan kagum terhadap bubuhan Banjar. Diakuinya, warga Banjar selalu kompak di Jateng.(pr/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top