Lomba Masak Serba Ikan, Hj Raudatul Jannah : Galakkan Gemar Makan Ikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MELIHAT - Ketua TP-PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah saat melihat berbagai menu masakan berbahan ikan di meja para peserta lomba masak serba ikan di Banjarbaru.(foto: adpim/klik)

klikkalimantan.com, BANJARBARU Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar lomba masak serba ikan tingkat provinsi tahun 2023 di Banjarbaru, Selasa 23 Mei 2023. Lomba masak yang mengangkat tema makan ikan untuk mencegah stunting ini sekaligus memperkenalkan beragam menu masakan berbahan baku serba ikan.

Untuk para juri lomba masak serba ikan ini adalah dari Balai Penerapan Mutu Hasil Perikanan (BPMHP) Kalsel, Khairuddin, dosen dari Fakultas Perikanan ULM, Hj Agustiana, ahli tata boga, Masni, chef Agus Sasirangan, TP-PKK Kalsel, Iswari Rahmi, dan ahli gizi, Ardiansyah.

Ketua TP-PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah mengatakan, lomba masak serba ikan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi rumah tangga, sekaligus mencegah stunting pada anak-anak.

Ikan, menurut Raudatul Jannah, adalah sebagai salah satu sumber protein hewani yang banyak mengandung protein tinggi, asam lemak, dan omega  tiga yang merupakan jawaban tepat untuk penyediaan gizi yang sehat bagi keluarga di rumah.

“Kandungan gizi pada ikan dapat mencegah terjadinya stunting pada anak, sehingga dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalsel,” ujar Raudatul Jannah.

Oleh karena itu, pesan Raudatul Jannah, para kader PKK agar menularkan keterampilannya ini demi meningkatkan kesehatan masyarakat. Sedangkan para peserta yang ikut berlomba diharuskan menggalakkan kampanye gemar makan ikan kepada seluruh masyarakat di lingkungannya masing-masing, sehingga tercipta generasi yang sehat, cerdas, dan bebas dari stunting.

Kadis Kelautan dan Perikanan Kalsel, Rusdi Hartono menyampaikan, sasaran yang dituju dalam lomba ini adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan lokal masyarakat, sehingga dapat mencegah stunting. Lomba masak kali ini memilili tiga  kategori, yakni kategori menu kudapan, menu balita, dan menu keluarga.

BACA JUGA :
Desa Tambak Anyar Ilir Punya Rumah Dataku Pertama di Kabupaten Banjar

Dikatakan Rusdi Hartono, masing-masing juara satu dari setiap kategori berhak mewakili Kalsel di lomba nasional, yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir tahun 2023 mendatang di Jakarta. Namun, para pemenang lomba masak nantinya terlebih dahulu dibina kembali untuk memantapkan menu masakan dari sisi rasa, gizi, bahan, dan tampilan.

Kalsel, tambah Rusdi Hartono, selalu mempunyai rekor bagus setiap tampil dalam lomba nasional. Di tahun lalu misalnya, Kalsel menjuarai dua kategori sekaligus. Pertama, juara satu menu balita dan kedua juara dua di kategori menu kudapan.(pr/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top