IKU Pembangunan Desa di Kabupaten Banjar Lampaui Target

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar saat ini tengah melakukan persiapan melaksanakan penyaluran Dana Desa (DD) tahap tiga.

Sebelumnya pada tahap dua, Pemkab Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) telah menyalurkan keseluruhan. 40 persen dari DD yang disalurkan di tahap dua terserap melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD).

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas PMD Kab Banjar H Aspihani, saat menyampaikan laporan Dinas PMD pada apel Gabungan di Halaman Kantor Setda Banjar, Senin (29/7).

“Saat ini telah dipersipakan penyaluran anggaran dana desa tahap tiga. Yang mana, untuk Dana Desa salah satu persyaratannya laporan konsolidasi realisasi fisik minimalis 50 persen dan realisasi keuangan minimal 75 persen,” kata Aspihani, Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar saat menjadi pembina apel kerja gabungan lingkup Pemkab Banjar, Senin (29/7/2019).

Sedangkan terkait Indikator Kinerja Utama (IKU) pada Dinas PMD, Aspihani juga melaporkan bahwa saat ini Kabupaten Banjar telah melampaui target, yakni 405 dari target yang 401. Indicator pencapaian yang didasari Permendagri Nomor 81/2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa diantaranya; desa berkembang sebanyak 238 desa, desa pepat berkembang 31 desa, dan desa kurang berkembang sebanyak 8 desa.

Pada apel yang diikuti oleh seluruh jajaran dan staf Pemkab Banjar Aspihani juga mengatakan, upaya Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama jajaran Pemkab Banjar dalam memajukan desa, telah membawa Kabupaten Banjar termasuk dalam 45 KPPN terpilih seluruh Indonesia.

Daerah yang termasuk Program Perkembangan dan Kemajuan Pembangunan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) “Kawasan Agrominapolitan” sendiri merupakan ketetapan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI dan lembaga lainnya. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Lagi, Salah Satu Kades di Wilayah Kecamatan Astambul Tersandung Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa

Berita Terbaru

Scroll to Top