Revolusi Hijau Paman Birin Menanam Pohon di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MENANAM POHON-Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor ditemani pejabat lainnya menanam bibit pohon di areal Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalsel.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, BANJARBARU-Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor, biasa disapa Paman Birin memimpin penanaman pohon di Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalsel, Jum’at (18/8), pagi.

Saat acara penanaman pohon tersebut, hadir Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK, Forkopimda Kalsel yang terdiri dari Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto, Danlanud Sjamsudin Noor, Letkol Pnb Mokh Mukhson, perwakilan Kapolda Kalsel, dan Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Agus Setyawan.

Sedangkan program penanaman pohon itu, sebenarnya merupakan gerakan revolusi hijau Paman Birin, yang telah dicanangkan sejak Februari Tahun 2017 lalu. Namun, sekarang penanaman pohon ini sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi (Harjad) Ke-73 Provinsi Kalsel dan peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

Dengan tajuk Kalsel Babussalam, penanaman pohon bersama Paman Birin ini akan ditanam  berbagai jenis tanaman yang di tanam yang berada di area Bandara Syamsuddin Noor di Banjarbaru.

“Semangat revolusi hijau dengan menanam, menanam, dan menanam untuk anak cucu harusnya terus digerolakan. Apalagi, apa yang kita nikmati sekarang, berupa udara segar adalah merupakan warisan dari orangtua dan kakek nenek kita. Kita pun harusnya sekarang dapat mewariskan untuk anak cucu kita pula,” kata Paman Birin.

Dikatakan Paman Birin, dengan dilaksanakannya revolusi hijau ini dapat membuat bandara kebanggaan orang Banua ini semakin nyaman dan sejuk. “Kita semua layak bersyukur dan bangga, sehingga penghijauan yang digalakkan melalui gerakan revolusi hijau mendapat dukungan dari berbagai pihak,” ucap Paman Birin.

Kadis Kehutanan Kalsel, Hj Fathimatuzzahra dalam laporannya menambahkan, kegiatan penanaman ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan tutupan lahan di Provinsi Kalsel, sehingga dapat menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) dan mendorong program pemerintah dalam pembangunan rendah karbon dan berketahanan iklim.

BACA JUGA :
Penyertaan Modal PDAM Ditambah, Dewan Berharap Pelayanan Meningkat

Ditambahkan Aya, sapaan Fathimatuzzahra, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Harjad Ke-73 Provinsi Kalsel dan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI ini sebenarnya merupakan kerjasama Dishut Kalsel yang bekerjasama dengan PT Angkasa Pura I.

“Sebagaimana arahan Bapak Gubernur, kita terus melakukan upaya menanam, menanam, dan menanam di mana saja yang bisa kita dilakukan. Pada setiap yang berpotensial ditanami pun akan kita tanami,” terang Aya.

General Manager Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Dony Subardono menuturkan, kegiatan ini merupakan sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap lingkungan. Ini pula merupakan langkah pertama pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kehutanan, selanjutnya mereka akan kembali bekerjasama di Geopark Meratus.

“Dalam kegiatan penanam bersama ini berhasil tertanam sebanyak 1.610 batang bibit pohon, terdiri dari mahoni sebanyak 370 batang, pulai sebanyak 420 batang, dan bintaro sebanyak 820 batang,” tukas Dony Subardono.(pr/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top