Paman Birin Berkeinginan Menggelar Festival Barongsai Berskala Internasional di Kalsel   

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MEMBUKA-Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat membuka Festival Barongsai Open Nasional Paman Birin Cup 2023, yang diselenggarakan di Q-Mall Banjarbaru, Kalsel.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, BANJARBARU-Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor membuka Festival Barongsai Open Nasional Paman Birin Cup 2023 yang diselenggarakan di Q-Mall Banjarbaru, Kalsel, Minggu (5/11), siang.

“Sebenarnya saya berkeinginan untuk menggelar festival barongsai berskala internasional pada tahun depan di Kalsel,” ujar Paman Birin, sapaan H Sahbirin Noor.

Keinginan tersebut, kata Paman Birin, bukan tanpa alasan. Selain sukses menggelar festival barongsai tingkat nasional pada tahun 2023 ini, barongsai Kalsel juga pernah menjadi juara ditingkat internasional.

Oleh karena itu, tambah Paman Birin, adanya festival barongsai yang digelar ini, sebenarnya merupakan langkah yang bagus dalam pengembangan kreatifitas generasi banua yang lebih baik di masa depan, khususnya seni budaya barongsai di Kalsel.

Namun, Paman Birin berharap, para peserta festival barongsai, para penggiat dan pelaku kesenian lainnya, untuk terus berkreasi, berekspresi, dan berinovasi dalam memberdayakan, mengembangkan, serta memasyarakatkan seni maupun budaya lokal di daerah ini.

“Kepada seluruh peserta festival barongsai, saya ucapkan selamat mengikuti festival ini, tunjukkan kemampuan terbaik kalian. Kalian adalah yang terbaik yang memiliki potensi luar biasa,” kata Paman Birin.

Ketua Tim Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Kalsel, Nawang Wijayati menambahkan, ia menyambut baik keinginan Paman Birin untuk menggelar festival barongsai internasional tahun depan di Kalsel.

“Kami jajaran kepengurusan PLBSI sangat menyambut baik keinginan Paman Birin untuk kemajuan olahraga dan kreasi, khususnya barongsai di Kalsel,” kata Nawang Wijayati.

Namun, lanjut Nawang Wijayati, untuk melaksanakan festival barongsai internasional perlu persiapan yang lebih matang, apalagi peserta dari 10 negara sudah berminat untuk hadir pada kegiatan festival barongsai yang diselenggarakan di Provinsi Kalsel ini.(pr/klik)

BACA JUGA :
Ukuran dan Batas Tanah Pembangunan KUA dan Polsek Parsel Beres, Kemenang Balangan: Menghindari Sengketa Lahan

Berita Terbaru

Scroll to Top