Dinas PUPRP Banjar Punya ‘Si Tarung Manis’, Permudah Urusan Tata Ruang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar punya aplikasi baru. Sistem Tata Ruang dan Gedung (Si Tarung) Manis, nama aplikasi yang diluncurkan bersamaan Sosialisasi Tata Ruang, Selasa (14/11/2023) di Hotel Treepark, Ketak Hanyar, Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas PUPRP, Anna Rosida Santi pada kegiatan yang saat pembukaan dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ikhwansyah mengatakan, Si Tarung Manis menjadi upaya jajarannya memudahkan sejumlah proses pengajuan izin via daring. Yakni proses pengajuan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Diharapkan, kata Anna, keberadaan aplikasi Si Tarung Manis dapat memberikan manfaat sebesar besarnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat menuju Kabupaten Banjar yang Maju Mandiri dan Agamis.

“Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan kemudahan untuk melakukan proses pembuatan Keterangan Rencana Kabupaten (KRK), Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) dan Informasi Pola Ruang (IPR) Kabupaten Banjar,” kata Anna.

Senada Anna, Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang dan Pengawasan Bangunan, Ali Akbar mengatakan, dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat. Dengan langsung melihat di aplikasi tersebut serta yang terpenting dapat memangkas jarak dan waktu

Warga di Aluh Aluh misalnya yang minta PBG, bisa langsung melalui aplikasi tidak perlu datang ke kantor, cukup di rumah atau di kantor kecamatan dan dokumennya pun bisa langsung diambil pada sistem aplikasi tersebut. (to/klik)

BACA JUGA :
Permudah Warga Bayar Pajak Kendaraan Bermotor, Paman Birin Apresiasi Inovasi ‘Samalam’

Berita Terbaru

Scroll to Top