Bappedalitbang – Uniska Bahas Hasil Penelitian Analisisi Efektivitas Kelembagaan OPD

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Sekretaris Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Hanafi saat mempin FGD bersama Uniska terkait hasil penelitian efektifitas SOTK di Kabupaten Banjar.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengambangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksankan Forum Group Discussion (FGD), Senin (6/11/2023) di aula kantor setempat. Dipimpin Sekretaris Bappedalitbang, Hanafi, FGD membahas Analisis Efektivitas Kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Banjar mengacu pad ahasil penelitian dilakukan bersama Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin.

Dikatakan Hanafi, dari hasil kajian pada FGD ini, diharapkan dapat menjadi dasar pembuatan kebijakan pemerintah daerah lebih lanjut. Utamanya terkait struktur organisasi dan tata kerja,” ujarnya.

Hasil kajian dari kegiatan ini pula, lanjut Hanafi, dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan melakukan penataan kembali Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) perangkat darah di Kabupaten Banjar yang efektif dan efisien.

Lily Agustriana, Kepala Bidang (Kabid) Litbang dan Inovasi yang hadir pada FGD dihadiri sejumlah perwakilan OPD lingkup Pemkab Banjar menambahkan, dengan adanya evaluasi kelembagaan, diharapkan Kabupaten Banjar dapat meningkatkan kinerjanya secara berkala. “Ini sebagai salah satu bagian dari semangat reformasi manajemen pemerintahan dan percepatan pembangunan,” ujarnya.

Peneliti Uniska, Nurul Listiyani memaparkan, kajian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner.  Instrumen kajian disusun sesuai pedoman pelaksanaan evaluasi kelembagaan yang diatur oleh Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 20/2018 tentang Evaluasi Kelembagaan. (to/klik)

BACA JUGA :
BNPB Akan Simulasi Penanggulangan Bencana di Kabupaten Banjar, Rapat Persiapan Digelar Dua Hari

Berita Terbaru

Scroll to Top