Disdik Diminta Fokus Tingkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Saut Nathan Samosir photo bersama murid SDN Belitung Selatan 1 saat melakukan kunjungan ke sekolah tersebut.

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir, menilai sarana dan prasarana pendidikan di kota berjuluk Seribu Sungai masih perlu mendapat perhatian serius.

Meski anggaran pendidikan terus mengalami kenaikan, papar Saut, namun sejumlah infrastruktur pendidikan belum bisa sepenuhnya dikatakan layak. Terutama yang bersifat pokok, seperti gedung sekolah (kelas), perpustakaan, laboratorium, dan lainnya.

“Sejauh ini sarana penunjang pendidikan seperti perpustakaan, halaman sekolah, dan lainnya, masih perlu perhatian lebih dari Dinas Pendidikan,” ucapnya, usai mengunjungi SDN Belitung Selatan I, Jum’at (24/11/2023).

Politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan, anggaran untuk pendidikan sudah terakomodir seluruhnya. Karenanya, Saut Nathan Samosir meminta Dinas Pendidikan lebih peka dan fokus dalam upaya perbaikan di sejumlah sekolah-sekolah.

“Jangan sampai ada lagi sekolah yang sarana dan prasarananya rusak. Toh, alokasi anggaran untuk pendidikan ini cukup besar,” katanya.

Mengenai kondisi halaman SDN Belitung Selatan I, Saut Nathan Samosir menegaskan akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan agar segera dilakukan perbaikan. Sebab, terjadi genangan ketika hujan ataupun air pasang.

“Perbaikan sudah dilakukan sebagian dengan cara swadaya para orang tua murid. Bisa dilihat, tidak seluruh halaman bisa diperbaiki. Secepatnya akan kita komunikasikan dengan Dinas,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Belitung Selatan I, Gusti Hanifah mengatakan, halaman sekolah yang presentatif sangat penting dalam menunjang pembelajaran, terutama system motorik kasar peserta didik.

“Anak anak bisa bermain lebih aman dan nyaman. Sebab, bermain juga termasuk pembelajaran untuk mengasah motorik anak. Selain itu, , anak bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya,” katanya.

Terkait halaman yang sebagian masih rusak dan terjadi genangan. Gusti Hanifah menyebut, kondisi seperti ini sudah lama terjadi, bahkan sudah disampaikan ke Dinas Pendidikan.

BACA JUGA :
Jadi Atensi, Komisi 3 Kembali Sambangi Pembangunan Jembatan HKSN

“Melalui swadaya orang tua murid, kita lakukan perbaikan dengan cara ditinggikan, namun belum bisa diperbaiki seluruhnya, hanya sebagiannya saja. Mudahan, dalam waktu dekat, bisa dilakukan perbaikan,”pungkasnya. (sin/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top