Aksi Akbar Bela Palestina Menggema di CBS Martapura

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Aksi damai bela Palestina yang dilaksanakan di Lapangan CBS Kabupaten Banjar

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Ribuan warga mengikuti Aksi Akbar Bela Palestina yang bergema di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS), Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (26/11/2023) pagi.

Sebagian besar peserta aksi memulai pergerakan dari halaman Masjid Al Karomah Martapura. Sesampainya di CBS Martapura, sejumlah tokoh turut bergabung. Diantaranya Ketua DPRD Banjar M Rofiqi, Ketua MUI Kabupaten Banjar H Muhammad Husein, Ketua Tanfidziah PC NU Kabupaten Banjar Nuryad, serta Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah.

Seperti kebanyakan aksi demontrasi, para tokoh menyerukan orasinya. Kutukan terhadap zionis Israel hingga seruan boikot produk-produk yang berhubungan dengan Israel dan pendukungnya, menjadi materi dalam utama orasi.

Sejumlah tokoh yang memberikan kutukan keras terhadap penindasan kepada rakyat Palestina yang dilakukan oleh zionis Israel, diantaranya Habib Ahmad Al Idrus mewakili Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar.

“Kita sebagai umat Islam dan sebagai warga negara Indonesia mengutuk penindasan yang dilakukan oleh zionis Israel kepada saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” tegas Habib Ahmad.

Selain itu, Habib Ahmad menyerukan boikot terhadap produk makanan dan minuman yang berhubungan dengan Israel dan negara pendukungnya.

“Mari kita boikot produk produk yang berhubungan dengan Israel. Mari kita berusaha untuk menjauhinya, kerena MUI juga sudah mengeluarkan fatwa mengharamkan produk-produk tersebut,” kata Habib Ahmad.

Ketua MUI Kabupaten Banjar H Muhammad Husein juga tidak ingin tinggal diam. Mantan birokrat Pemkab Banjar ini menuturkan, pada dasarnya MUI Kabupaten Banjar mengikuti fatwa MUI Pusat terkait haram menggunakan produk baik makanan dan minuman dari Israel atau negara pendukungnya.

“Kami juga telah memberikan edaran kepada masjid-masjid di Kabupaten Banjar, agar para khatib dalam menyampaikan kutbahnya medoakan Palestina sebagai bentuk kepedulian terhadap apa yang terjadi di sana,” ungkap Muhammad.

Orasi juga diisi oleh Ketua DPRD Kabupaten Banjar HM Rofiqi, Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Banjar Nuryadi Basri, dan juga Ketua Muhammadiyah Kabupaten Banjar Hasbi Rifani.

Selain melakukan orasi, kegiatan dilanjutkan dengan aksi penggalangan dana untuk rakyat Palestina. Diantara donatur yang memberikan sumbangan langsung terlihat dari Ijtima Mahabbah Darussalam (IMDA) yang menyalurkan bantuan melalui kegiatan bela Palestina hari ini sebesar Rp6.720.000.

“Dana tersebut hasil sumbangan dari donatur yang kami kumpulkan melalui online,” ujar Gusti Muhammad Noor selaku Ketua IMDA.

HM Rofiki juga ikut menyalurkan bantuan pribadi kepada rakyat Palestina sebesar Rp25.000.000. Bupati Banjar diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah mendonasikan Rp15 juta, Gt Abudurachman (Abah Antung Aman) Rp10 juta.

Acara diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Ketua MUI Kabupaten Banjar KH Muhammad Husien, sekitar pukul 8.00 Wita. Kemudian masa pun mulai membubarkan diri.(zai/klik)

 

BACA JUGA :
Imbas Penutupan TPS Pasayangan, DLH Alihkan Pembuangan Sampah ke TPS Terdekat

Berita Terbaru

Scroll to Top