Dishub Balangan Pasang Traffic Light Mengurangi Kemacetan dan Meningkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Kadis Perhubungan Balangan, Musa Abdullah.(net/klik)

klikkalimantan.com, PARINGINDinas Perhubungan Kabupaten Balangan memasang lampu lalu lintas (traffic light) dengan tujuan untuk mengatasi kemacetan dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas masyarakat pengguna jalan di Bumi Sanggam.

“Pemasangan lampu lalu lintas ini sebagai langkah strategis dalam mengatasi kemacetan dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas di Kabupaten Balangan,” kata Kadis Perhubungan Balangan, Musa Abdullah di Paringin, Selasa (19/12).

Ada dua lokasi, terang Musa, yang masuk kategori perencanaan pemasangan lampu lalu lintas, yaitu di budaran di pusat Kota Paringin dan area Masjid Al-Akbar. Namun, untuk sementara terlebih dahulu dipasang empat tiang lampu lalu lintas di bundaran kota dari arah Kota Barabai, Amuntai, Halong, dan Tabalong.

“Berdasarkan hasil diskusi dan kajian di area Masjid Al-Akbar, kami menghadapi kendala terkait dengan kontur tanah untuk pemasangan lampu lalu lintas. Namun, kami akan diskusikan kemlagi untuk masalah ini,” tutur Musa.

Dijelaskan Musa, pemasangan lampu lalu lintas sebenarnya bukan hanya sekadar kebutuhan, tetapi sudah menjadi keharusan untuk mengurai kemacetan di kawasan tersebut. Apalagi, sebuah kabupaten memang wajib memiliki lampu lalu lintas sebagai salah satu persyaratan Adipura dan langkah awal mengoptimalkan pengaturan lalu lintas.

Meski begitu, terang Musa, untuk pengaktifan lampu lalu lintas di area tersebut akan disesuaikan dengan kondisi di lokasi, mengingat masih banyak pembangunan infrastruktur di sekitarnya yang dapat mengganggu pemasangan nantinya.

“Saya berharap dengan pemasangan lampu lalu lintas ini nantinya, tak hanya kemacetan yang dapat diatasi, tetapi juga meningkatkan keselamatan berlalu lintas di Kabupaten Balangan,” tukas Musa.(pr/klik)

BACA JUGA :
Wali Kota Banjarbaru 'The Best One Inspiring Leaders'

Berita Terbaru

Scroll to Top