Kobra Teror Warga Balangan, Kalak BPBD Berbagi Tips Cegah Kobra Masuk Rumah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
H Rahmi, Kalak BPBD Kabupaten Balangan. (foto: net/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN – Warga Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan beberapa waktu terakhir digemparkan dengan kejadian ular kobra masuk ke rumah. Belum lama tadi, seorang warga Desa Haur Batu, Kecamatan Paringin bernama Sabriansyah bahkan dikabarkan meninggal dunia diduga akibat digigit kobra.

Atas kejadian itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, H Rahmi mengimbau agar warga lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Karena di musim penghujan seperti sekarang ini, kemungkinan binatang liar, termasuk kobra masuk ke rumah. “Lewat dapur maupun kolong rumah,” ujarnya, Selasa (27/12/2022)

Lebih lanjut menurutnya, pada musim penghujan kurun November 2022 – Januari 2023, merupakan masa menetas kobra. Karena itu lazim ditemui anak kobra muncul di permukiman warga.

Warga diminta waspada terhadap gigitan kobra, karena menurut H Rahmi, bisa kobra mampu melumpuhkan syaraf dan otot hanya beberapa menit saja, bahkan sampai menyebabkan meninggal dunia.

Ia juga mengimbau warga menjaga kebersihan sekitar lingkungan rumah agar kobra tak mendekat dan masuk rumah. “Bersihkan rumah dari tumpukan sampah sisa makanan, kardus dan benda-benda lainnya,” kata H Rahmi.

Agar kobra tak masuk ke rumah, H Rahmi juga membagi tips. Yakni menggunakan pembersih lantai atau kapur barus karena ular tidak menyukai bau yang tajam. “Serta tutup semua lubang air dan selokan yang memungkinkan ular bisa masuk,” pungkasnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Rakor Program Kerja 2023, Ketua TP PKK: Kekurangan Tahun Lalu akan Diperbaiki

Berita Terbaru

Scroll to Top