Acil Odah Dorong Kalsel Bebas Kasus Pasung

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Kadis Kesehatan Kalsel, Hj Raudatul Jannah.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, MARTAPURA-Kadis Kesehatan Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah menghadiri Forum Konsultasi Publik (FKP) RSJ Sambang Lihum di Aula Trias RSJ Sambang Lihum di Jalan Gubernur Syarkawi Gambut, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/5/24).

Selain diikuti seluruh pegawai, FKP RSJ Sambang Lihum ini juga diikuti perwakilan BNN Provinsi Kalsel dan perwakilan BPJS Provinsi Kalsel. Selain dilaksanakan secara luring, acara ini pula dilaksanakan secara daring.

“Di dalam penanganan masalah kejiwaan, stigma terhadap instansi yang melayani kejiwaan maupun orang yang memiliki masalah kejiwaan harus kita hilangkan. Sebab  mereka yang memiliki masalah kejiwaan juga memiliki hak yang sama untuk menjalani kehidupan ini,” ujar Acil Odah, sapaan Raudatul Jannah.

Untuk itu, kata Acil Odah, mereka harus didukung agar jangan sampai stigma itu terus melekat yang akan mempersulit kehidupan dan penyembuhan penderita Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut.

“Saya akan terus mendorong agar Kalsel bebas dari pasung, bahkan kalau bisa nol kasus. Mereka yang memiliki masalah kejiwaan pasti ada sebabnya, maka dari itu harus ditangani dengan baik dan tepat,” pinta Acil Odah.

Selain itu, Acil Odah berharap, melalui FKP RSJ Sambang Lihum ini, para pihak terkait maupun pemangku kepentingan dapat berpartisi aktif, sehingga dapat bersama-sama mewujudkan layanan yang prima bagi Masyarakat di Kalsel.

Plt Direktur RSJ Sambang Lihum, dr Yudi Riswandi Nora menuturkan, untuk mewujudkan Kalsel bebas pasung, pihak sudah memiliki layanan keliling yang disebut Sambang Lihum Keliling (Saliling).

“Saliling adalah layanan unggulan dan bentuk inovasi dari pelayanan RSJ Sambang Lihum, sehingga masyarakat dapat merasakan langsung pelayanan yang kami berikan terhadap orang yang menderita ODGJ,” ungkap Yudi.(pr/klik)

BACA JUGA :
Ketua PWI Kalsel Siap Sukseskan Porwanas 2024 di Banua

Berita Terbaru

Scroll to Top