Satu satunya Provinsi di Pulau Kalimantan yang Kembangkan CSIRT

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
CSIRT-Kabid Sandikami Diskominfo Kalsel, Sucilianita bersama para pejabat lainnya usai mengikuti Rakor Pelaksanaan Peluncuran CSIRT di Banjarmasin.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, BANJARMASIN-Pemprov Kalsel menjadi satu-satunya provinsi di Pulau Kalimantan yang telah mengembangkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT), tim yang menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi, dan menanggapi insiden keamanan siber di kabupaten kota di Kalsel.

Kadis Kominfo Kalsel, Muhamad Muslim melalui Kabid Sandikami, Sucilianita menyebutkan, capaian ini telah diluncurkan CSIRT di empat kabupaten kota pada 2023 lalu, seperti di Kota Banjarbaru, Kabupaten HSS, Kabupaten Tanbu, dan Kabupaten Tapin.

“Informasi dari sandi Negara pada pertemuan tadi menyebutkan untuk di Pulau Kalimantan, kita menjadi satu-satunya provinsi yang sudah launching CSIRT sebanyak empat daerah,” kata Sucialianita usai mengikuti Rakor Pelaksanaan Peluncuran CSIRT pada pemerintahan daerah tingkat kabupaten kota, Kamis (11/1).

Dikatakan Sucilianita, rakor secara virtual kali ini dilaksanakan dan diikuti oleh Dinas Kominfo seluruh provinsi se-Indonesia untuk pengembangan selanjutnya di tahun 2024.

“Untuk Kalsel sendiri, rencana kita akan luncurkan di empat kabupaten/kota, yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Balangan, dan Tabalong. Mudah-mudahan ke depannya dengan tambahan empat daerah di tahun 2024 yang akan segera diluncurkan dapat disusul juga oleh kabupaten kota lainnya, sehingga kita dapat mengamankan semua yang ada di Kalsel terkait dengan gangguan siber,” harap Sucilianita.(pr/klik)

BACA JUGA :
Ada Budi Doremi di ‘Grand Opening Dekransda Creative Hub’, Pengunjung Membludak

Berita Terbaru

Scroll to Top