Haul Abah Guru Sekumpul Dihadiri Jutaan Jemaah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Kepolisian Resor (Polres) Banjar prediksi pelaksanaan Haul ke-19 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang masyhur disapa Abah Guru Sekumpul pada, Minggu (14/1/2024) dihadiri 3,3 Juta jemaah.

Data kehadiran sebanyak 3.320.000 orang jemaah sekumpul tersebut, kata Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat Taufik, diperoleh berdasarkan data dari beberapa server telepon seluler.

“Data tersebut kami ambil dari nomor telepon yang aktif dari tadi pagi hingga saat ini,” katanya.

Sedangkan untuk total jumlah kendaraan bermotor, baik bus, roda empat, roda dua, kapal kelotok, lanjut Ifan Hariyat Taufik mencapai ribuan unit.

“Berdasarkan informasi yang kami dapat di 15 titik lokasi terdata sebanyak 601 unit bus. Untuk roda empat dari 196 titik terdata sebanyak 151.119 unit. Sedangkan untuk jumlah kendaraan roda dua dari 387 titik terdata sebanyak 1.294.000 unit,” ujarnya.

Untuk jumlah kapal kelotok yang bersandar di beberapa dermaga yang ada di Sungai Martapura, lanjut Ifan Hariyat, terdata sebanyak 533 unit kapal kelotok.

“Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan Haul Abah Guru Sekumpul malam ini berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Dan pada malam ini kegiatan haul sudah selesai, dan para jemaah berangsur-angsur melakukan persiapan untuk pulang ke daerahnya masing-masing. Namun, untuk jemaah dari daerah tentunya masih ada yang bertahan,” katanya.

Mengingat pelaksanaan haul dihadiri jutaan jemaah, Ifan Hariyat memastikan semua personel tetap bersiaga sampai arus lalu lintas berjalan dengan lancar.

“Berkaca dari pelaksanaan haul tahun lalu, kepadatan lalu lintas kepulangan jemaah hingga pukul 1.00 Wita dini hari, dan jumlah jemaah yang berhadir di tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena itu, setelah arus lalu lintas normal, baru kita laksanakan konsolidasi,” pungkasnya.(zai/klik)

BACA JUGA :
Jamin Pelaksanaan Haul Guru Sekumpul Steril APK, Bawaslu Masih Tunggu Tanggal Pasti

Berita Terbaru

Scroll to Top