Haul Guru Sekumpul di Martapura: Warung Gratis Pemprov Kalsel, Paman Birin Sedekah BBM  

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
BBM-Sejumlah relawan saat membagikan BBM gratis jenis pertalite di kediaman Paman Birin di Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, MARTAPURA-Pemerintah Provinsi Kalsel telah menyiapkan berbagai titik warung gratis demi melayani datangnya jemaah haul ke-19 Tuan Guru Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari atau Guru Sekumpul di Mushala Ar-Raudah di Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (14/1).

Warung gratis ini sesuai dengan arahan dari Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, biasa disapa Paman Birin. Seluruh instansi lingkup Pemprov Kalsel pun bergerak. Sebaran warung, mulai dari Banjarmasin, selanjutnya di Jalan A Yani, dan Jalan Trikora di Banjarbaru.

Di warung gratis itu, para relawan menyediakan makanan. Mulai makanan ringan, nasi, hingga BBM gratis bagi para Jemaah untuk pengguna roda dua. Di kediaman Paman Birin lain lagi. Rumah pribadi di Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat itu, ia menyediakan BBM jenis pertalite gratis kepada para jamaah yang melintas menuju ke kawasan Sekumpul.

Di rumah gubernur dua periode tersebut, setidaknya dibagikan sebanyak 2.000 liter lebih pertalite gratis kepada jemaah yang menggunakan roda dua. Selain itu, di rumah itu juga dibagikan aneka makanan kepada para jemaah saat berangkat hingga malam hari arah pulang jemaah.

“Alhamdulillah, terimakasih BBM gratisnya,” ujar salah seorang jemaah dari Tanah Laut, Budiansyah.

Jemaah lainnya yang datang dari Kota Tua Jakarta Barat, Fauzan (50) menuturkan, ia datang ke haul Guru Sekumpul ini menggunakan sepeda dengan perjalanan selama 12 hari.

“Tahun lalu juga menggunakan sepeda, Alhamdulillah sekarang bisa hadir Kembali,” kata Fauzan.

Fauzan mengaku, ia begitu kagum dengan masyarakat Banjar, khususnya Kalsel yang sangat antusias menyambut haul Guru Sekumpul. Bahkan,
saat turun dari Trisakti, di sana sudah ada relawan menyediakan tumpangan menuju ke sini (Sekumpul). Disepanjang jalan, banyak orang-orang menawari makanan dan minuman.

BACA JUGA :
Menanti Hak Angket yang Tak Kunjung Pungkas di Lantai Paripurna

Kepala BPSDMD Kalsel, Mujiyat menyampaikan, pihaknya merasa bersyukur dapat melayani para jemaah Guru Sekumpul yang melintas menuju Sekumpul di Kecamatan Martapura.

Selain BPSDMD Kalsel, pembagian BBM dan makanan gratis juga dilakukan oleh Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kalsel di kawasan Bundaran Palm Trikora Banjarbaru. “Satu motor jatahnya 1 liter, kita bagikan secara merata agar jemaah kebagian semuanya. Mudah-mudahan bermanfaat, dan kita semua mendapatkan berkah dari haul Guru Sekumpul ini,” ucap salah satu relawan dari Biro Adpim Setdaprov Kalsel, Marisa.(pr/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top