Kabupaten Banjar Nol Desa Tertinggal

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Syahrialuddin, Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Memiliki 277 desa, Kabupaten Banjar nol desa berstatus desa tertinggal pada 2023. Status terendah desa di kabupaten yang saat ini mengusung visi Maju Mandiri Agamis (Manis) ini adalah desa berkembang.

Syahrialuddin, Kepala Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Kabupaten Banjar saat menjadi pemimpin apel kerja gabungan lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, Senin (22/1/2024) menyampaikan, 13 desa yang berstatus tertinggal pada 2022, meningkat statusnya menjadi desa berkembang.

Sedangkan 191 desa berkembang, kata Syahrialuddin, 81 diantaranya berhasil naik status menjadi desa maju. Sedangkan 26 dari 68 desa yang sebelumnya berstatus maju, menjadi desa mandiri. .

Menurutnya, keberhasilan menghaspuskan desa tertinggal sesuai ini sesuai target dipatok dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Sedangkan desa mandiri targetnya 25 desa. “Progres Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Banjar hingga 2023 ini telah melampaui target RPJMD, yaitu 25 desa menjadi 26 Desa Mandiri,” ucapnya

Meski telah melampaui target RPJM, lanjutnya, sesuai Rencana Strategis (Renstra) 2024, pihaknya akan tetap berupAya meningkatkan status desa 123 desa berkembang menjadi desa maju dan mandiri. “Agar menyukseskan Visi Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis,” pungkasnya. (to/klik)

 

BACA JUGA :
Banyak Prestasi Diraih Bank Sampah Sekumpul di Usia 11 Tahun

Berita Terbaru

Scroll to Top