Festival Buah Mamigang: Maritam, Kambayau, Kapul Hingga Mantuala Dipamerkan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MEMBUKA-Ketua TP-PKK Balangan, Hj Sri Huriyati saat membuka Festival Buah Mamigang di Desa Mamigang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Ketua TP-PKK Balangan, Hj Sri Huriyati  membuka Festival Buah Mamigang, sekaligus meresmikan wisata alam Buntar Batarius yang digelar di halaman Kantor Desa Mamigang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Rabu (7/2).

Festival Buah Mamigang tersebut digelar oleh pemerintah desa. Saat dibuka, ribuan pengunjung hadir, sehingga suasana berlangsung meriah. Tak hanya meriah, di acara itu pengunjung juga dapat menikmati buah-buahan lokal secara gratis, sambil menikmati pagelaran kesenian dan ritual adat Batandik.

Saat festival, setidaknya terdapat 25 buah lokal dipamerkan. Buah-buahan itu seperti durian, pampakin, mantaula, mahrawin, kapul, tanduruan, babuku, maritam, kambayau, langsat, dan aneka buah lokal hutan lainnya.

“Saya berharap Festival Buah Mamigang ini menjadi agenda rutin tahunanan, sehingga mampu menarik wisatawan lokal maupun manca negara berkunjung ke Kabupaten Balangan,” ujar Sri, sapaan Sri Huriyati.

Camat Halong, Rahmadi menambahkan, ia mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan festival buah ini. Sebab, menurutnya, buah-buahan lokal dan potensi alam yang luar biasa yang dimiliki oleh kabupaten ini, yang dapat dinikmati oleh masyarakat sekaligus wisatawan.

Oleh karena itu, harap Rahmadi, melalui festival ini dapat menjadi momentum untuk memperkokoh rasa kebersamaan dan solidaritas dalam mendukung, sekaligus melestarikan potensi alam agar dapat dinikmati oleh para generasi selanjutnya.

Kades Mamigang, Bagus Susanto menuturkan, buah-buahan yang dipamerkan ini merupakan buah asli dari kawasan hutan di Desa Mamigang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

“Sekaligus pembukaan wisata alam Buntar Batarius, kita sandingkan dengan festival buah lokal ini. Apalagi, di desa kita hampir 80 persennya berada di kawasan hutan, yang di sanalah buah tersebut kami ambil,” terang Bagus.

BACA JUGA :
Melihat Elok Lekuk Alam dari Atas Ketinggian Gunung Janar

Festival Buah Mamigang ini, lanjut Bagus, diharapkan dapat terus terlaksana-bahkan kalau bisa mampu menjadi event nasional, yang dapat menarik wisatawan baik lokal maupun manca negara ke Kabupaten Balangan.(pr/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top