DPKP Gelar Pelatihan Pemadam Kebakaran

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Peyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan, Rabu (3/1/2024) di kawasan Indrasari, Martapura. Pesertanya, para relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di bawah binaan Buser 690 Kabupaten Banjar.

Kepala DPKP Kabupaten Banjar, Rahmat Kartolo melalui Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Kerjasama, Sofyan mengatakan, pelatihan yang digelar sehari bersama Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Selatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para relawan hingga melindungi diri dari bencana yang terjadi.

“Umumnya peserta sudah memiliki kemampuan dalam hal pemadaman, namun kita tinggal menyamakan persepsi. saling mengisi antara kelebihan dan kekurangan kita,” kata Sofyan.

Kepada peserta Sofyan berharap, nantinya saat turun ke lapangan bisa mengikuti pola-pola yang sudah diberikan, kemudian bisa membagi ilmu yang didapatkan kepada rekan-rekan satu timnya agar memiliki kemampuan yang merata

Kikis Bramantio, Fungsional Pemula Pemadam Kebakaran pada kantor Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel mengatakan, pembinaan relawan kebakaran ini digelar berkolaborasi dengan Damkar kabupaten/kota di Kalsel. Hingga saat ini sudah dua kabupaten yang mendapatkan yakni Banjar dan Balangan.

“Semoga dengan pelatihan ini, para relawan bisa lebih memperhatikan keselamatan diri mereka sendiri, dan bisa bekerja sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), Maksudnya yang jauh-jauh ngga perlu, cukup di zonasi yang terdekat cukup 15 menit ke lokasi kejadian, kecuali api sudah besar tidak tertangani boleh bantuan dari luar,” kata Kikis. (to/klik)

BACA JUGA :
Bupati: Safari Ramadhan Jalin Silaturahmi Umara Ulama dan Masyarakat

Berita Terbaru

Scroll to Top