Bappedalitbang Sosialisasi Tahapan Perencanaan E-Walidata

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) menyelenggarakan ‘Sosialisasi Tahapan Perencanaan E-Wallidata Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD)’, Kamis (15/2/2024) di Aula Baiman kantor setempat di Martapura. Diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sosialisasi dihadiri Kepala Bappedalitbang, Nashrullah Shadiq.

Dikatakan Nashrullah Shadiq, kegiatan ini sesuai amanah UU 23/2014 tentang Pemerintah Paerah pasal 274, penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah berdasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan daerah. Ada juga Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 600.5.4/48/sj tanggal 6 Januari 2023 tentang Implementasi SIPD.

Dipaparkan dia, adanya dualism terkait pengelolaan data. Yakni E-Walidata dari Kementerian Dalam Negeri dan Satu Data Indonesia (SDI) dari Bappenas. Namun begitu tujuannya sama dalam rangka mendukung perencanaan pembangunan. “Dua aplikasi ini saling terintegrasi yang artinya diarahkan untuk melakukan pengisian pada E-walidata,” kata Nashrullah.

Ia berhararap, walidata pendukung atau produsen data untuk mengimplementasikan SIPD-RI yang salah satunya terkait data statistik sektoral daerah (DSSD) dengan memamfaatkan e-walidata pada informasi pembangunan daerah dalam SIPD-RI yang dapat diakses melalui situs laman https://sipd-ri.kemendagri.go.id/ewalidata. (to/klik)

BACA JUGA :
Bupati Apresiasi Prestasi Nuriah Wakili Indonesia di Ajang MTQ Internasional di Iran

Berita Terbaru

Scroll to Top