Inovasi Pusaka Lokal Bantu Wujudkan Herd Imunity di Kecamatan Halong

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
IMUNISASI-Kepala Puskesmas Rawat Inap Halong, dr Suminto Sastro Utomo ketika melakukan imunisasi kepada siswa sekolah dasar di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Untuk mengatasi permasalahan imunisasi dan vaksinasi pasa warga, UPTD Puskesmas Rawat Inap di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, membuat Inovasi Pusaka Lokal atau Puskesmas Bergerak Bersama Menuju Halong Kebal. 

Kepala Puskesmas Rawat Inap Halong, dr Suminto Sastro Utomo menjelaskan, Inovasi Pusaka Lokal dibentuk untuk mengatasi permasalahan imunisasi dan vaksinasi yang masih belum mencapai target program imunisasi di Kecamatan Halong.

Apalagi, kata Suminto, sesuai UU No.23 Tahun 2022 tentang perlindungan anak dan UU No.36 Tahun 2019 tentang kesehatan mengatakan setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar lengkap sesuai dengan ketentuan untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

“Selain itu, berdasarkan data WHO menyebutkan bahwa terdapat 20 juta anak belum mendapatkan imunisasi secara rutin di seluruh dunia. Oleh karena itu, UPTD Puskesmas Rawat Inap Halong yang hendak mencapai target imunsasi dasar lengkap tersebut, menggunakan Inovasi Pusaka Lokal ini,” ucap Suminto di Paringin, Rabu (21/2).

Tak hanya itu, tambah Suminto, Inovasi Pusaka Lokal ini juga diharapkan dapat meningkatkan capaian imunisasi dasar lengkap diwilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Halong. Apalagi, sejak dibuat pada tanggal 10 November 2022 dan berjalan hingga sekarang inovasi ini sampai dengan sekarang sudah menunjukan progres peningkatan capaian inovasi dasar lengkap dari tahun ke tahun.(pr/klik)

 

BACA JUGA :
Kain Sasirangan Kini Bersertifikat Internasional

Berita Terbaru

Scroll to Top