Demi Mewakili Kabupaten Balangan, 48 Orang Remaja Mengikuti Seleksi Pencak Silat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SELEKSI-Kepala Pelatih Tim POPDA Pencak Silat Balangan, Ahmad Juliansyah saat menyeleksi 48 orang remaja putra dan putri untuk mengikuti seleksi cabang olahraga pencak silat menghadapi POPDA Kalsel 2024 di Paringin, Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Sebanyak 48 remaja putra dan putri di Kabupaten Balangan, mengikuti seleksi cabang olahraga pencak silat dalam menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2024.

“Seleksi tahap pertama telah selesai kita gelar kemarin, yaitu untuk persiapan dalam mengikuti POPDA tingkat provinsi, seperti mengikuti komponen teknik dan taktik bertanding menggunakan pola sirkuit,” ujar Kepala Pelatih Tim POPDA Pencak Silat Balangan, Ahmad Juliansyah di Paringin, Kamis (22/2).

Dikatakan Juliansyah, dari tahapan seleksi tersebut hanya 18 peserta yang dipilih untuk melanjutkan ke tahap tes kemampuan fisik. Kemudian, setelah semua tahapan dilaksanakan, maka hanya tersisa 14 atlet yang akan mengikuti pemusatan latihan untuk menghadapi POPDA Tahun 2024 ini.

Sekarang ini, tambah Juliansyah, di Balangan seleksi cabang olahraga pencak silat tak hanya mengandalkan bakat alami, tetapi juga mengintegrasikan unsur-unsur ilmu olahraga, seperti sport science.

“Selain itu, pengembangan atlet remaja sangat penting dilakukan untuk mencapai target train to win, makanya proses seleksi ini dirancang secara sistematis dengan menggunakan pendekatan Long-Term Athlete Development (LTAD),” ucap Juliansyah.

Pendekatan LTAD, terang Juliansyah, dimulai dari penilaian fisik, analisis biomekanik hingga pengukuran kinerja mental. Semua aspek itu diperhitungkan untuk memastikan bahwa atlet yang dipilih memiliki potensi yang optimal dan siap bersaing pada level yang lebih tinggi.

“Saya hanya berharap semua proses ini dapat menghasilkan atlet pencak silat yang kompetitif, dan memiliki potensi dalam meraih prestasi di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional,” tukas Juliansyah.(pr/klik)

BACA JUGA :
Juara Umum Lagi, Kabupaten Banjar Boyong Piala Bergilir MTQ Nasional Tingkat Provinsi di Tapin

Berita Terbaru

Scroll to Top