Relawan Desa Muara Jaya Balangan Mengikuti Pelatihan Tanggap Bencana

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PELATIHAN-BPBD Balangan saat memberikan pelatihan kepada tim relawan tanggap bencana skala lokal di Desa Muara Jaya, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan.(bpbd balangan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Demi meningkatkan peran serta masyarakat dalam menghadapi kebencanaan, BPBD Balangan  menggelar pelatihan tim relawan tanggap bencana skala lokal di Desa Muara Jaya, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Jumaidil Hairi menerangkan, tujuan dari kegiatan ini, salah satunya adalah untuk mempersiapkan anggota relawan desa dalam menghadapi situasi darurat, khususnya kebakaran pemukiman, lahan dan hutan di Desa Muara Jaya.

“Pelatihan ini melibatkan simulasi dan latihan praktis untuk mengajarkan anggota relawan desa tentang tindakan yang harus diambil dalam menghadapi situasi kebakaran, sehingga lebih terorganisir dan upaya penanggulangan kebakaran dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien,” ujar Jumaidil di Paringin, Senin (26/2).

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi menambahkan, BPBD melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) secara aktif melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan kepada anggota relawan di desa.

“Pembinaan dan pelatihan ini bertujuan untuk melatih kesiapan dan keterampilan dalam menghadapi bencana, seperti musibah banjir dan bencana kebakaran pemukiman, lahan dan hutan,” kata Jumaidil.

Dipaparkan H Rahmi, selain materi sosialisasi, para anggota relawan desa juga dilatih bagaimana menggunakan alat-alat pemadam, mulai dari cara menghidupkan mesin sampai dengan cara menggunakannya.

Karena, lanjut H Rahmi, jika terjadi musibah kebakaran, anggota relawan desa dapat bergerak cepat untuk ke lokasi karena posisinya berada di desa. Untuk itulah keberadaan anggota relawan desa ini sangat membantu para damkar untuk memadamkan api.(pr/klik)

BACA JUGA :
Tentang Rumor Ketidakharmonisan, Ini Respon Bupati dan Wakil Bupati Banjar

Berita Terbaru

Scroll to Top