Raih Perolehan Suara Terbanyak, Marwah Partai Golkar Kembali

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Meski pembagian 45 kursi Partai Politik (Parpol) di DPRD Kabupaten Banjar periode 2024 – 2029 masih belum ditetapkan. Namun, perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu 2024 kali ini mampu mengembalikan marwah Partai Golkar yang telah memudar di Pileg 2019 lalu.

Perihal tersebut diketahui pasca gelaran Rapat Pleno Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara telah dirampungkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar pada, Rabu (6/3/2024) siang di salah satu hotel yang ada di Kota Banjarbaru.

Berdasarkan penghitungan metode sainte lague. Perolehan suara Partai Golkar sebanyak 62.027 lebih banyak dibandingkan perolehan suara Partai Gerindra yang saat ini menduduki kursi Ketua DPRD, yakni hanya memperoleh sebanyak 49.481 suara.

Meski sama-sama memperoleh sebanyak 8 kursi di DPRD. Namun, perolehan suara tersebut menjadikan Partai Golkar kembali menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Banjar periode 2024 – 2029, sedangkan Partai Gerindra terpaksa puas dengan perolehan kursi sebagai Wakil Ketua.

Untuk Parpol terbanyak ketiga perolehan kursi, diraih Parpol NasDem, yakni sebanyak 7 kursi, disusul Parpol PPP yang kembali dapat mempertahankan 5 kursinya di DPRD seperti Pileg 2019 lalu. Dua Parpol ini pun kembali dapat mempertahankan kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar.

Sedangkan PKB memiliki nasib sama dengan PPP yang mampu memperoleh sebanyak 5 kursi di DPRD. Namun, jumlah perolehan suara PKB hanya sebanyak 29.881 suara, atau lebih sedikit dibandingkan perolehan suara PPP, yakni sebanyak 30.593 suara.

Selanjutnya PAN yang sebelumnya menargetkan perolehan sebanyak 6 kursi di DPRD pada pileg 2024, seperti harus puas dengan perolehan sebanyak 4 kursi, disusul PKS yang memperoleh 3 kursi, begitu juga untuk Partai Demokrat yang menargetkan perolehan kursi lebih banyak dari Pileg 2019 lalu sepertinya harus puas dengan perolehan 2 kursi. Sedangkan untuk PBB, PDI Perjuangan, dan Partai Gelora masing-masing memperoleh 1 kursi di DPRD Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :
KPU Kabupaten Banjar Mulai Distribusikan Logistik Pemilu di 20 Kecamatan

“Alhamdulillah setelah melalui proses yang melelahkan, akhirnya kita dapat menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten,” ujar M Nor Aripin selaku Ketua KPU Kabupaten Banjar.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top