Bupati – Kapolres Banjar dan Banjarbaru Tandatangani Nota Perjanjian Hibah Dana Pengamanan Pilkada

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar telah mengganggarkan dari kantong APBD untuk pengamanan Pilkada 2024 sebesar Rp6,143 Miliar. Anggaran tersebut dibagi dua; untuk Polres Banjar Rp5,492 Miliar dan Rp651 Juta untuk Polres Banjarbaru.

Penandatanganan nota perjanjian hibah daerah untuk dana pengamanan Pilkada dilakukan, Minggu (24/3/2024) di Gedung Mahligai Sultan Adam, Martapura. Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang menandatangani nota perjanjian hibah dengan Kapolres Banjar, AKBP Ifan Hidayat dan Kapolres Banjarbaru yang diwakili Kabag Ops, Kompol Indra Agung Perdana Putra.

Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan mulai tahapan persiapan, pembentukan panitia, kampanye, masa tenang, pengamanan di TPS hingga pelantikan Bupati Banjar terpilih.

“Sama seperti Pemilu kemarin juga dari tahapan awal sampai pelantikan, kalau Pilkada pelantikan bulan Februari 2025,” ujarnya.

Ifan Hariyat memastikan besaran dana yang diberikan akan menutup semua kegiatan pengamanan bahkan jika terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan putaran kedua. Ia juga mengapresiasi Pemkab Banjar yang bersedia menambah anggaran tersebut jika terjadi kekurangan nantinya

Menurutnya, pelaksanaan Pilkada tahun ini akan terjadi penyusutan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari 1.980 menjadi 1.500 TPS dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 400 tiap TPS.

“Lebih mudah memantau TPS yang ada, sehingga personel bisa lebih fokus, pola pengamanan mengacu pada peraturan, ada aman, rawan dan sangat rawan. Harapannya Pilkada akan berjalan aman dan lancar, mari kita laksanakan pesta demokrasi ini dengan rasa bahagia,” harapnya.

 

BACA JUGA :
Ratusan Rumah di Kabupaten Banjar Tersapu Puting Beliung

Berita Terbaru

Scroll to Top