Tak Cukup Hanya Minum Obat, Ini Tips Mencegah dan Mengobati Sakit Gigi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
drg Hj Anita, Dokter Spesialis Gigi dan Mulut RSD Idaman Banjarbaru.

klikkalimantan.com, BANJARBARU – ‘Tubuh yang sehat, berawal dari gigi yang sehat’. Begitu disampaikan drg Hj Anita, dokter spesialis gigi dan mulut pada Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru. Karena itu sangat penting menjaga gigi agar tak sakit.

Dipaparkan drg Hj Anita dalam kanal Instagram @rsdidamanbanjarbaru, pada kebanyakan kasus, sakit gigi terjadi akibat adanya masalah pada gigi dan jaringan gigi, atau bagian lain yang berhubungan dengan gigi. “Sendi rahang, sinus atau sakit telinga,” ujarnya.

Kasus terbanyak ditemukan pada RSD Idaman, menurut dr Anita adalah sakit gigi yang disebabkan masalah pada gigi, yakni disebabkan adanya karies, atau lubang pada gigi. Ini disebabkan makanan mengandung banyak gula, tidak menjaga kebersihan rongga mulut dnegan baik, kodnisi mulut keirng, merokok dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Apesnya, saat merasakan sakit gigi, masyarakat acapkali alah dalam hal penanganan awal. “Misalnya meletakkan obat-obatan tertentu yang diyaikini dapat menyembuhkan sakit kedalam lubang gigi. Ada juga yang menempelkan sesuai di pipi. Ini justru dapat menyebabkan iritasi pada pipi dan gigi,” kata drg Anita.

Adanya yang meminum obat untuk menghilangkan sakit gigi. Padahal menurut dr Anita, sakit gigi tidak dapat ditangani hanya dengan obat. Ini karena obat hanya meringankan sementara rasa sakit tersebut. “Pengobatan paling tetap adalah menghilangkan penyebab utama sakit gigi,” imbuhnya.

Caranya, yakni dengan datang ke dokter gigi atau fasilitas kesehatan lainnya untuk segera dilakukan penanganan. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, akan berisiko pada proses penyembuhan yang lebih lama dan akan lebih banyak memakan biaya.

Penanganan cepat sakit gigi oleh dokter, menurutnya, menjadi solusi agar lubang kecil pada gigi tak membesar yang menyebabkan ngilu dan rasa sakit berkepanjangan. “Sedangkan untuk mencegah agar tidak terjadi lubang pada gigi, jangan makan makanan berkadar gula tinggi dan lengket pad. Jaga kebersihan gigi dnegan cara menyikat gigi dengan baik dan teratur,” kata drg Anita. (to/klik)

BACA JUGA :
Ratusan Miliar Potensi Pajak Sarang Burung Walet Melayang, BPKP Perwakilan Kalsel: Pemerintah Daerah Gagal

Berita Terbaru

Scroll to Top