Pastikan Arus Mudik dan Balik Lebaran Berjalan Lancar, Polres Banjar Gelar Operasi Ketupat Intan 2024

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Polres Banjar, menggelar, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2024 bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama mudik Lebaran 2024 di wilayah Kabupaten Banjar, Rabu (3/4/2024)

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Jelang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Polres Banjar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2024, Rabu (3/4/2024).

Bertempat di teras Mapolres Banjar, Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat Taufik mengatakan, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2024 bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama mudik Lebaran 2024 di wilayah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Operasi Ketupat Intan 2024 akan berlangsung selama 13 hari, dimulai dari tanggal 4 hingga 16 April 2024. Sebagai upaya untuk memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal, kami juga sudah menyiapkan lima Pos. Yakni Pos Pelayanan, dan empat Pos Pengamanan,” ujarnya.

AKBP M Ifan Hariyat menjelaskan, beberapa pos tersebut didirikan di beberapa titik. Untuk Pos Pelayanan berada di samping ruas Jalan Ahmad Yani Km14, Kecamatan Gambut. Sedangkan lokasi Pos Pengamanan berada di samping ruas Jalan Ahmad Yani Km 40, Kecamatan Martapura.

“Kami juga menyiapkan Pos Pengamanan di samping ruas Jalan PM Noor, tepatnya di pertigaan jalan menuju destinasi wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam. Serta di tempat obyek wisata Kiram Park, Kecamatan Karang Intan, dan destinasi wisata Gunung Batu,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Banjar mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati saat melaksanakan perjalanan mudik lebaran, guna menjaga keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

“Berbagai langkah preventif, disarankan kepada para pemudik, sejak sebelum berangkat meninggalkan rumah agar mematikan alat elektronik yang berhubungan dengan listrik, mematikan kompor, memastikan pintu dan jendela sudah terkunci. Serta memastikan kendaraan dalam kondisi prima,” imbaunya.

Tak hanya itu, AKBP M Ifan Hariyat juga menegaskan, dari segi aspek Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)  juga menjadi fokus utama TNI Polri pada operasi tersebut.

BACA JUGA :
DPRD Pastikan Raperda Pro-Rakyat Segera Rampung

“Patroli bersama TNI-Polri dan instansi terkait telah dipersiapkan untuk memastikan pelaksanaan mudik lebaran berjalan lancar, aman dan kondusif. Melalui sinergi dan koordinasi antar instansi ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria, penuh makna dan mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.

Karena itu, melalui Operasi Ketupat Intan 2024, menjadi bukti nyata sinergitas dan keseriusan dalam menjaga keamanan dan kenyamanan selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 H.

“Sehingga menjadikan perjalanan pulang kampung sebagai pengalaman yang aman dan membahagiakan bagi semua pemudik,” pungkasnya.(zai/klik)

 

Berita Terbaru

Scroll to Top