Matangkan Persiapan Haul ke-218 Datu Kalampayan, Polres Banjar Gelar Latihan Pengamanan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
LATIHAN PENGAMANAN HAUL: Kepolisian Resor (Polres) Banjar gelar latihan pengamanan Haul ke-218 Maulana Syech Muhammad Arsyad Al Banjari bersama panitia dan relawan haul, serta stakeholder terkait di Aula Sarjana Arya Racana Polres Banjar pada Jumat (12/04/2023) pagi.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Matangkan persiapan pengamanan Haul ke-218 Maulana Syech Muhammad Arsyad Al Banjari yang akan dilaksanakan pada 15 April 2024 mendatang. Polres Banjar gelar latihan pengamanan di Aula Sarjana Arya Racana pada Jumat (12/04/2023).

Mewakili Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat Taufik, kegiatan pelatihan pengaman haul ulama yang masyhur disebut dengan nama Datu Kalampayan di Aula Sarjana Arya Racana Polres Banjar tersebut langsung dipimpin Waka Polres Banjar, Kompol Faisal Amri Nasution, diikuti jajaran kepolisian di Polres Banjar, serta beberapa perwakilan dari panitia haul, dan sukarelawan.

“Untuk mendukung kelancaran pengamanan Haul ke-218 Datu Kalampayan, Polres Banjar akan menerjunkan dua pertiga kekuatan personel,” ujar Kompol Faisal Amri Nasution.

Tak hanya itu, Kompol Faisal Amri Nasution juga mengimbau kepada seluruh jemaah yang akan berhadir pada pelaksanaan Haul ke-218 Datu Kalampayan, baik jemaah yang datang melalui jalur darat dan jalur Sungai Martapura agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan arahan dari para petugas di lapangan.

“Tempati kantong-kantong parkir yang telah disediakan dengan rapi dan tertib, sehingga memudahkan saat akan kembali. Pastikan juga kendaraan dalam keadaan dikunci stang atau ada tambahan kunci ganda. Diingat betul tempat parkirnya, bila perlu catat nomor HP petugas parkir atau pos setempat,” imbaunya.

Selain mengingatkan jalur kepulangan jemaah tetap menggunakan jalur kedatangan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan, baik jemaah yang datang dari Kota Banjarbaru, Banjarmasin, Hulu Sungai, dan Barito Kuala dan sekitarnya. Kompol Faisal Amri Nasution juga mengimbau kepada seluruh jemaah, sebelum meninggalkan rumahnya, terlebih dahulu memastikan semua alat-alat yang berhubungan dengan aliran listrik dimatikan, dan memastikan jendela dan pintu sudah terkunci.

BACA JUGA :
Satlantas Polres Banjar Gelar Operasi Keselamatan Intan 2024 Selama 14 Hari

“Para Pedagang Kaki Lima (PKL) juga diimbau agar tidak menempati sempadan atau bahu jalan, mengingat jalur menuju kegiatan haul sangat sempit,” tegasnya.

Selain dari personel Polres Banjar dan para relawan, kegiatan pengamanan Haul Datu Kalampayan yang akan dilaksanakan di Masjid Jami Tuhfaturrogibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur yang menjadi tempat pusat kegiatan juga akan melibatkan beberapa unsur lainnya, diantaranya unsur TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, dan Tim SAR (Search and Rescue).(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top