Paman Birin-Acil Odah Hadiri Haul Ke-218 Datu Kalampayan di Martapura Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
JEMAAH-Ketua TP-PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah, biasa disapa Acil Odah di tengah para jemaah Haul Ke-218 Datu Kalampayan di Masjid Jami Tuhfaturragibin di Desa Dalam Pagar, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, MARTAPURA-Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, biasa disapa Paman Birin bersama sang istri, Hj Raudatul Jannah, biasa disapa Acil Odah, menghadiri acara Haul Ke-218 Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Masjid Jami Tuhfaturragibin di Desa Dalam Pagar, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel, Senin (15/4).

Selain Paman Birin dan Acil Odah, acara haulan itu turut dihadiri Buya Arrazy Hasyim, Guru Ahmad Sufian Al Banjari, Habib Ali Alaydrus, TG Wildan Salman, TG Guru Muadz Hamid, Guru Zuhron, Guru Oton, Guru Sani, Guru Ali Murtodo, Guru Abdul Hadi, Guru Abdurahman, KH Zarkasi, para habaib, dan alim ulama lainnya.

Tak hanya para habaib dan ulama, hadir pula Ketua DPRD Kalsel, Supian HK, Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Forkopimda Kalsel, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, sejumlah Kepala SKPD Kalsel, dan Gubernur Kalsel Periode 2005-2015, H Rudy Ariffin.

Saat acara haulan dimulai sejak pagi hari, banyak para jemaah dari berbagai pelosok Kalsel sudah berdatangan. Mereka memenuhi ruang induk masjid, kemudian tenda dan duduk bersila di kawasan luar Masjid Jami Tuhfaturragibin tersebut.

Meski sempat turun hujan, namun tidak menyurutkan niat dan langkah para jemaah yang datang dari berbagai daerah untuk menghadiri haul salah satu ulama kharismatik asal Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel itu.

Rangkaian acara haul diawali dengan pembacaan shalawat dan syair pujian kepada Rasulullah SAW dan Datu Kelampayan dalam bahasa Banjar, dan ditutup dengan do’a. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan dipandu oleh MC yang diawali dengan pembacaan surah Al-fatihah, kemudian pengajian ayat-ayat suci Al-Qur’an, sambutan dari Ketua Panitia Pelaksana, Ketua Yayasan Zurriyat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, sambutan dari Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, pembacaan manaqib, dan tausiyah oleh Wakil Ketua PBNU Pusat, KH Zulfa Mustofa.(pr/klik)

BACA JUGA :
Wabup Banjar Hadir di Haul ke-87 Tuan Guru Sapat di Tembilahan

Berita Terbaru

Scroll to Top