Menuju Kabupaten Banjar Satu Data, DKISP Sosialisasi E-Wali Data SIPD

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SOSIALISASI - Kepala DKSIP Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith (tengah) saat membuka Sosialisasi E-Wai Data SIPD di Hotel Rodhita Banjarbaru.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi E-Wali Data Sistem Informasi Pembanguan Daerah (SIPD), Senin (13/11/2023) di Hotel Rodhita Banjarbaru. Sosialisasi diikuti perwakilan seluruh Oragnisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar.

Kepala DKISP, Hm Aidil Basith mengatakan. Kegiatan ini merupakan wadah komunikasi dan koordinasi antara pembina data, walidata, walidata pendukung, dan produsen data. Ini sebagai upaya menentukan kebijakan tata kelola pemerintah daerah yang padu dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dikatakan Aidil Basith, OPD selaku produsen data berperan penting dalam pengelolaan data statistik sektoral daerah. Ini menjadi dasar dan bahan pertimbangan pemerintah dalam mengambil suatu keputusan atau kebijakan pembangunan daerah. ”Setiap data pada dokumen Renstra dan Renja SKPD harus berdasarkan data yang standar sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39/2019 tentang satu data,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini ia berharap, terjalin kerjasama yang solid antara OPD, DKISP selaku walidata, Badan Pusat Statistik (BPS) selaku pembina data dan Bappedalitbang sebagai sekretariat data. Tujuanya satu, bersama-sama berkomitmen sehingga nantinya akan menghasilkan data statistik sektoral yang akurat dan akuntabel.

”Para peserta sosialisasi dapat mempelajari aplikasi SIPD sekaligus mempraktikkan pada akun masing-masing SKPD untuk menginput Renstra, Renja dan perencanaan lainnya dalam satu data Kabupaten Banjar sehingga nantinya dapat memudahkan menyusun rencana APBD,” kata Aidil Basith. (to/klik)

BACA JUGA :
Vaksinasi Anak 6 -11 Tahun di Kabupaten Banjar 7,59 Persen

Berita Terbaru

Scroll to Top