Embarkasi Banjarmasin Memberangkatkan 5 759 Orang Jemaah Calon Haji Asal Kalselteng, Berangkat Perdana 12 Mei 2024

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SHALAT HAJAT-KH Ilham Khumaidi saat menjadi imam shalat hajat untuk para jemaah calon haji embarkasi Banjarmasin, asal Kalsel di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin di Banjarmasin.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, BANJARMASIN-Setidaknya ribuan masyarakat Kota Banjarmasin dan sekitarnya menggelar shalat hajat bersama untuk para jemaah calon haji embarkasi Banjarmasin, asal Provinsi Kalsel di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kamis (9/5/24), malam.

Shalat hajat yang dilakukan setelah magrib itu diimami oleh KH Ilham Khumaidi. Shalat hajat pula turut dihadiri Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, biasa disapa Paman Birin, melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Adi Santoso.

“Saya bersyukur persiapan keberangkatan jemaah calon haji asal Kalsel yang dijadwalkan berangkat perdana pada tanggal 12 Mei 2024 nanti, sampai saat ini berjalan dengan lancar dan sesuai rencana,” ujar Paman Birin.

Semoga, kata Paman Birin, para jemaah selalu diberikan keamanan, kesehatan, dan keselamatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah hingga kembali ke Banua dengan menyandang status haji yang mabrur. Dan, shalat hajat yang digelar ini diharapkan menjadi doa dan dikabulkan segala hajatnya oleh Allah SWT.

“Saya mengajak masyarakat di Kalsel untuk sama-sama mendokan para jemaah calon haji, diberikan kesehatan dan kelancaran dalam ibadah mereka serta mendapatkan haji yang mabrur,” tambah Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Darul Quthni.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, Muhammad Tambrin menerangkan,  jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan melalui Bandara Sjamsuddin Noor di Banjarbaru, dimulai pada Minggu (12/05/2024), setelah prosesi pelepasan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Landasan Ulin.

Namun, lanjut Tambrin, sebelum memberangkatkan para calon jemaah haji, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan stakeholder yang terlibat dalam operasional penyelenggaraan ibadah haji ini, seperti Pemprov Kalsel, Dinas Kesehatan, Balai Kekarantinaan Kelas I Banjarmasin (BKK), Kemenkumham, Imigrasi, Beacukai, Garuda, Gapura Angkasa, Angkasa Pura, dan UPT Asrama Haji.

BACA JUGA :
Bupati Lantik Kepengurusan GOW Periode 2022 - 2024

“Untuk embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 5.759 orang calon haji dengan rincian, asal Kalsel 4.071 orang dan dari Provinsi Kalteng berjumlah 1.688 orang. Keseluruhan jemaah terbagi dalam 19 kloter yang terdiri dari 18 kloter utuh dan satu kloter bergabung dengan Kota Medan, Sumut,” imbuh Tambrin.(pr/klik)

 

Berita Terbaru

Scroll to Top