Komisi II DPRD Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Intake PTAM Intan Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PENINJAUAN: Komisi II DPRD bersama PTAM Intan Banjar, dan Dinas PUPRP Kabupaten Banjar lakukan peninjauan titik lokasi rencana pembangunan Intake PTAM Intan Banjar di Desa Mali Mali, Kecamatan Karang Intan pada Kamis (16/5/2024).

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Kembangkan jaringan perpipaan distribusi air minum di wilayah potensial. Komisi II DPRD bersama Perseroan Terbatas Air Minum (PTAM) Intan Banjar, dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar tinjau dua lokasi yang bakal dibangunkan Intake.

Ditengah kegiatan peninjauan, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Banjar, Irwan Bora mengatakan, rencana pembangunan Intake yang disodorkan PTAM Intan Banjar ke Komisi II akan dilakukan di dua titik lokasi, yakni di Desa Mali Mali, Kecamatan Karang Intan, dan di Desa Sungai Bakung, Kecamatan Sungai Tabuk.

“Dengan dibangunnya Intake tersebut, permasalahan air bersih yang selama ini dikeluhkan masyarakat Kabupaten Banjar, khususnya yang bermukim di daerah rawa dapat teratasi, karena PTAM akan memiliki intake sendiri,” ujarnya pada Kamis (16/5/2024).

Karenanya, Politisi Gerindra ini sangat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar memberikan dukungan penuh terhadap program kegiatan pembangunan Intake tersebut.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini menjadi berkah buat kita semua. Selaku mitra kerja, kami akan memberikan dukungan penuh terkait rencana pembangunan Intake tersebut. Karena hal ini merupakan program yang sangat luar biasa, dan kami siap kembali berkoodinasi dengan instansi terkait untuk mempercepat merealisasikan rencana pembangunan tersebut,” katanya.

PENINJAUAN DI DESA SUNGAI BAKUNG: Komisi II DPRD bersama PTAM Intan Banjar, dan Dinas PUPRP Kabupaten Banjar lakukan peninjauan titik lokasi rencana pembangunan Intake PTAM Intan Banjar di Desa Sungai Bakung, Kecamatan Sungai Tabuk, usai melakukan peninjauan titik lokasi rencana pembangunan Intake di Desa Mali Mali, Kecamatan Karang Intan pada Kamis (16/5/2024).

Ikut serta mendampingi Komisi II dalam peninjauan tersebut, Direktur Utama (Dirut) PTAM Intan Banjar, Syaiful Anwar menjelaskan, dua wilayah yang bakal dibangunkan Intake PTAM tersebut merupakan wilayah yang sangat potensial dilihat berdasarkan perkembangan jumlah penduduk dan pemukiman, sehingga harus benar-benar dipikirkan terkait kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

“Karena wilayah ini berpotensi, kemungkinan dalam kurun waktu sekitar dua hingga tiga tahun ke depan jumlah penduduk dan pemukimannya terus bertambah. Karena itu harus kita siapkan upaya penanganan jangka pendek, menengah, hingga jangka panjangnya dalam memenuhi ketersediaan air minum bersih untuk masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA :
Banyak Dana Penyertaan Modal untuk PTAM Intan Banjar, Ketua DPRD: Harus Diikuti Peningkatan Kualitas dan Kuanitas Pelayanan

Atas dasar tersebutlah, papar Syaiful, PTAM Intan Banjar merencanakan pembangunan di dua wilayah tersebut untuk memenuhi ketersediaan air minum bersih.

“Jadi, akan kita bangunkan booster yang akan berproduksi di dua wilayah tersebut. Karena dua wilayah ini sangat potensi. Seperti di daerah Mali Mali, Kecamatan Karang Intan, disana sudah aja ruas Jalan Bypass Lingkar Mataraman – Sungai Ulin, tentunya pertumbuhan penduduk disana akan cepat,” tutupnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top