BPBD Balangan Simulasi APAR di Parsel

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MENERANGKAN-Staf Teknisi Peralatan dan Mesin BPBD Balangan, Rudiansyah saat menerangkan kepada para personel Polres Balangan dan Linmas se-Balangan yang mengikuti sosialisasi APAR di Aula Polres Balangan di Parsel, Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Personel Polres Kabupaten Balangan dan Linmas se-Balangan mengikuti sosialisasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dilaksanakan di Aula Polres Balangan di Paringin Selatan (Parsel), Balangan, Rabu (5/6/24).

Staf Teknisi Peralatan dan Mesin BPBD Balangan, Rudiansyah menyampaikan, pelatihan APAR ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada personel kepolisian dan linmas tentang penggunaan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

“Secara umum, APAR atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api kecil. APAR pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi,” jelas Rudiansyah.

Ditambahkan Rudiansyah, dalam hal kesehatan dan keselamatan kerja, APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap instansi pemerintahan maupun perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran.

Sedangkan cara penggunaan APAR yang tepat dan benar, lanjut Rudiansyah, terlebih dahulu harus dibuka segel dengan cara memutar pinnya, lalu tarik pinnya dan ambil posisi tidak melawan arah angin.

“Untuk cara mengetahui arah angin, perhatikan asapnya, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1,5 m hingga 3 meter dari api, angkat APAR, arahkan moncong selang ke arah api, kemudian semprot api dengan cara menekan tuas pada alat pemadam tersebut,” terang Rudiansyah.(pr/klik)

BACA JUGA :
Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Tinjau Pembuatan Minuman Herbal Temuje

Berita Terbaru

Scroll to Top