Polres Banjar Laksanakan Penyembelihan Puluhan Hewan Kurban

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Peringati Idul Adha 1445 Hijriah. Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Banjar laksanakan penyembelihan hewan kurban bertempat di halaman Asrama Polisi (Aspol) Karangan Putih, Kelurahan Keraton, Kecamatan Martapura pada Senin (17/6/2024).

Didampingi Wakapolres Banjar Kompol Faisal Amri Nasution, dan AKP Suwarji selaku Kasi Humasnya. Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat Taufik mengungkapkan ada sebanyak 24 hewan kurban yang akan disembelih, terdiri dari 19 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

“Alhamdulillah kegiatan pemotongan hewan kurban hari ini berjalan lancar, dan sudah tiga ekor sapi yang sudah disembelih. Kegiatan penyembelihan akan diselesaikan hari ini juga,” ujarnya.

Selain melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Aspol AKBP M Ifan Hariyat, kegiatan penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di tempat lain.

“Jadi, dari total 19 ekor sapi, beberapa diantaranya langsung diserahkan ke masyarakat. Sehingga kita dapat secara bersama-sama melaksanakan ibadah kurban,” ucapnya.

Sedangkan untuk metode pembagian daging hewan kurban ke masyarakat yang berhak menerima, Polres Banjar tidak menerapkan sistem pembagian kupon ke masyarakat.

“Daging hewan kurban yang sudah dibungkus nantinya langsung kita bagikan door to door ke masyarakat. Cara ini guna menghindari kerumunan, dan pembagian daging hewan kurban tepat sasaran,” harapnya.

Ditempat yang sama, petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Banjar memastikan semua hewan kurban milik Polres Banjar yang disembelih bebas dari penyakit dan layak konsumsi.

“Pada kegiatan ini kita melaksanakan dua pemeriksaan, yakni pemeriksaan ante mortem dan post mortem,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Masyarakat Veteriner Pengolahan dan Pemasaran Dinas Pertanian Kabupaten Banjar drh M Akbar Susanto.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ante mortem, lanjut drh Akbar, semua sapi dan kambing hewan kurban sebelum dipotong dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan gejala penyakit yang mengkhawatirkan.

BACA JUGA :
Halal Bihalal KBB di Sulsel, Ini Kata Paman Birin dan Andi Sudirman Sulaiman

“Begitu juga berdasarkan hasil pemeriksaan post mortem atau pemeriksaan pasca disembelih, daging hewan kurban baik, kondisi hati, ginjal, limpa, dan muzzle pad hewan kurban tidak ditemukan kelainan atau penyimpangan. Jadi, semua aman dan layak konsumsi,” tutupnya. (zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top