Poskesdes di Kabupaten Balangan: 11 Unit Hendak Dibangun, 23 Unit Segera Direhab

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
POSKESDES-Inilah bangunan Poskesdes yang rencananya hendak direhab di Desa Jungkal, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan pada tahun 2024 ini hendak membangun sebelah unit Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) demi meningkatkan sarana pendukung bagi para bidan desa yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di berbagai desa di Bumi Sanggam.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Balangan, Taufiqurrahman mengatakan, sebelumnya di dalam moment Hari Bidan Nasional 24 Juni 2024 ini, dirinya terlebih dahulu hendak menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para bidan desa di Kabupaten Balangan.

Menurut Taufiq, kehadiran bidan desa telah mampu memperluas jangkauan pelayanan kebidanan dan kesehatan anak. Bidan desa juga memiliki peran dalam melakukan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit pada bayi, makanya peran mereka sangat dibutuhkan untuk kesehatan masyarakat.

“Sebenarnya bidan desa adalah lini terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, makanya mereka perlu sarana pendukung untuk praktek dan tempat tinggal yang nyaman,” kata Taufiq di Paringin, Balangan, Senin (24/6/24).

Selain Poskesdes, kata Taufiq, Pemkab Balangan juga menyediakan Pos Bersalin Desa (Polindes) dengan fasilitas layanan kesehatan dasar. Saat ini, memang hampir diseluruh desa telah memiliki Poskesdes dengan jumlah 143 unit. Namun, di tahun 2024 ini hendak kembali dibanguan 11 unit Poskesdes dibeberapa kecamatan di Balangan.

Plt Kadis Kesehatan Balangan, Ahmad Sauki menambahkan, tahun ini pula pemerintan akan melakukan rehap 23 unit Poskesdes di Desa Gunung Riut, Bakung, Tanah Habang, Pudak, Puyun, Jungkal, Kandang Jaya, Mauya, Teluk Bayur, Kaladan, Langkap, Sungai Hanyar, Tampang, Halubau, Sumber Rezeki, Lingsir, Binuang Santang, Mamantang, Layap, dan Mantuyan.(pr/klik)

 

BACA JUGA :
795 Sertipikat dengan Nilai Aset RP20,5 Miliar Berhasil Diamankan PLN pada 2022

Berita Terbaru

Scroll to Top