Wakil Ketua DPRD Balangan Ajak Kaum Muda Lestarikan Budaya Daerah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Wakil Ketua II DPRD Balangan, Hanil Tamjid

klikkalimantan.com, PARINGIN – Wakil Ketua II DPRD Balangan Hanil Tamjid mengharapkan generasi muda di Bumi Sanggam dapat melestarikan budaya daerah.

“Pelestarian seni dan budaya tersebut sangat penting agar seni dan budaya kita bisa terus lestari,” ujarnya, Selasa (18/6/2024).

Dikatakannya, budaya atau tradisi adalah sebuah kekayaan nilai yang berupa seni dan seni tersebut bisa berbentuk musik, benda, tarian hingga bahasa.

“Seni dan budaya selalu dimiliki setiap wilayah dan seni dan budaya ini merupakan peninggalan dari leluhur,” ucapnya.

Untuk itu, ia mengharapkan kepada generasi muda di daerah ini harus berperan penting dalam melestarikan seni dan budaya tersebut.

Sekedar diketahui, sebelumnya DPRD Balangan dan Pemerintah Kabupaten Balangan menyepakati rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Pelestarian Kebudayaan Balangan pada agenda rapat paripurna DPRD Balangan.

“Pada era globalisasi ini merupakan zaman dimana semua kebudayaan saling berinteraksi dan saling meleburnya kebudayaan itu sendiri,” kata Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Balangan Gazali Al Fatah di Balangan.

Gazali menuturkan tingkat meleburnya suatu kebudayaan itu sendiri tergantung seberapa kuat kebudayaan itu, dan sangat tergantung oleh masyarakat selaku pemilik dan pendukung kebudayaan itu sendiri.

Gazali menyebutkan kalau semuanya mau mencintai, menggunakan, mempertahankan dan melestarikan kebudayaan maka akan bertahan dari gempuran arus globalisasi.

Namun sebaliknya, lanjut Gazali, jika menyerah untuk kebudayaan itu dan mengikuti arus maka akan mengadopsi kebudayaan lain dan kebudayaan milik sendiri akan lenyap karena tidak ada lagi yang melestarikannya.

Menurut Gazali sepenuhnya hal tersebut tergantung diri masing-masing, apakah akan bertahan atau membiarkan identitas budaya dan jati diri hilang tergantikan oleh jati diri baru yang diadopsi dari luar.

BACA JUGA :
Kabupaten Balangan Menuju Kabupaten/Kota Sehat

Gazali menambahkan, meskipun Raperda tentang Pelestarian Kebudayaan Balangan yang disetujui ini tidak masuk dalam skala globalisasi, Gazali tetap mengajak masyarakat Balangan untuk berpikir luas. (al/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top