Pegawai Kecamatan Tebing Tinggi Dilatih Gunakan Alat Pemadam Kebakaran

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SIMULASI-Para pegawai dan relawan saat mengikuti simulasi pelatihan pemadam kebakaran pemukiman, lahan dan hutan di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Pegawai di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan mendapatkan sosialisasi dan pelatihan cara memadamkan kebakaran pemukiman, hutan dan lahan di daerah ini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan.

Staf Teknisi Peralatan dan Mesin BPBD Balangan, Rudiansyah menuturkan, bencana kebakaran, baik kebakaran lahan maupun pemukiman warga sering terjadi pada musim kemarau, makanya sosialisasi dan pelatihan ini sangat penting untuk digelar dan diikuti oleh para pegawai di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, BPBD Balangan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemadam kebakaran di Kecamatan Tebing Tinggi yang diikuti oleh para pegawai dan relawan lainnya,” kata Rudiansyah di Tebing Tinggi, Selasa (10/9/2024).

Adapun materi sosialisasi, tambah Rudiansyah, meliputi pengenalan peralatan dan perlengkapan pemadam kebakaran, sebab-sebab timbulnya kebakaran, teori dan praktik penanggulangan kebakaran baik dengan kain basah maupun dengan Alat Pemadam Api Ringan(APAR).

“Kemudian kegiatan diakhiri dengan simulasi penanggulangan kebakaran dengan praktik menggulung selang serta menyemprotkan air menggunakan mobil pemadam,” jelas Rudiansyah.

Selain itu, ungkap Rudiansyah, tujuan dari sosialisasi dan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat terutana aparat dan relawan tentang penyebab kebakaran, serta melatih agar mampu menanggulangi kebakaran dalam skala kecil maupun besar nantinya apabila musibah kebakaran terjadi.(pr/klik)

BACA JUGA :
Tali Komando Danton dan Danru Dipasang, Ini Amanat Kasatpol PP Banjar
Scroll to Top