Rampung Tepat Waktu, Bupati Resmikan Bangunan Baru Kantor Desa Pingaran Ulu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dilaksanakan selama 120 hari kalender sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Proyek relokasi dan pembangunan Kantor Desa Pingaran Ulu, Kecamatan Astambul telah diresmikan Bupati Kabupaten Banjar H Saidi Mansyur pada Kamis (19/9/2024).

Peresmian gedung baru Pemerintahan Desa (Pemdes) Pingaran Ulu yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Kabupaten Banjar H Saidi Mansyur disaksikan Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, Kepala Dinas PUPRP Anna Rosida Santi, Camat Astambul Ahmad Fauzi, dan Kepala Desa (Kades) Pingaran Ulu Halimi.

Dalam sambutannya, Saidi Mansyur mengatakan bahwa Pemerintah daerah (Pemda) dituntut untuk menghasilkan infrastruktur yang memiliki performa tinggi dan meningkatkan perekonomian daerah serta kualitas hidup masyarakat seperti kantor desa, jalan, jembatan, saluran irigasi, pembangunan sarana dan prasarana air bersih, air limbah domestik, penataan pembangunan serta pengembangan kawasan permukiman.

“Pembangunan kantor desa merupakan salah satu bagian dari penataan bangunan pemerintah yang menjadi prioritas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar. Dari 277 desa terdapat 13 kantor desa yang mengalami kerusakan, total 31 rusak berat, 29 rusak sedang dan 179 rusak ringan,” ujarnya.

Tanpa dukungan dan keterlibatan masyarakat, lanjut Saidi Mansyur lebih jauh, mustahil pembangunan yang berkelanjutan dapat tercapai.

“Saya mengajak seluruh warga Desa Pingaran Ulu untuk terus aktif berpartisipasi dalam setiap proses pembangunan yang ada. Mudah-mudahan kantor desa yang baru ini dapat menjadi tempat ide-ide kreatif dan inovatif berkembang, merencanakan serta melaksanakan berbagai program pembangunan yang bermanfaat bagi desa,” harapnya.

Dengan telah rampungnya pembangunan kantor Desa Pingaran Ulu di lahan seluas 90×70 meter persegi yang dilaksanakan Cv Halim Jaya dengan nilai kontrak Rp407.417.300,00 tersebut, Halimi selaku Kades atau Pambakal Desa Pingaran Ulu memastikan akan segera mengoperasikan gedung baru tersebut.

BACA JUGA :
Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2023 Tampilkan Konsep Berbeda

“Di awal 2025 nanti Kantor Desa Pingaran Ulu akan dioperasikan. Sebab saat ini masih proses melengkapi sejumlah fasilitas pendukung, ruangan, serta keamanan yang memadai agar aparat desa dapat bekerja lebih efektif dan efisien,” ucapnya.

Sedangkan untuk bangunan lama Kantor Desa Pingaran Ulu akan difungsikan sebagai perpustakaan desa dan markas Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) kedepannya.(zai/klik)

Scroll to Top