Di Banjarbaru Kebakaran Lahan Terus Terjadi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
KEBAKARAN - Kebakaran di Kelurahan Guntung Manggis, Kota Banjarbaru yang menghanguskan sekitar 4 hektare lahan pertanian warga. Foto: san/klik

BPBD Kekurangan Personel

KLIK KALIMANTAN.COM – Kebakaran lahan terus terjadi di Kota Banjarbaru. Kebakaran yang terjadi baru-baru tadi di Kelurahan Guntung Manggis, sempat membakar kebun siap panen milik warga.

“Memang benar ada kebun warga yang siap panen terbakar. Kami sudah berusaha keras memadamkan api,” ujar Plt Kepala BPBD Kota Banjarbaru, Ahmad Syarief Nizami.

Api yang membakar hampir 4 hektare lahan di Kelurahan Guntung Manggis memaksa puluhan petugas BPBD yang diturunkan ke lapangan termasuk dirinya, harus berjibaku dengan api yang membakar lahan perkebunan warga tersebut. Karena minimnya jumlah personel di instansi yang ia pimpin, membuat pemadaman api sedikit mengalami kendala.

“Jumlah petugas kami sedikit. Jadi agak lamban dalam pemadaman. Untungnya ada petugas lainnya yang membantu hingga api bisa dikuasai,” ungkapnya.

Tak hanya wilayah Kecamatan Guntung Manggis, kebakaran lahan juga terjadi disejumlah kecamatan lainnya diantaranya Kecamatan Liang Anggang dan Landasan Ulin.

Untuk meminimalis kebakaran lahan ini, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah pencegahan, diantaranya mensosialisasikan ke masyarakat soal kebakaran lahan, dan mendirikan sejumlah posko di sejumlah lokasi yang rawan karhutla. “Sejumlah posko untuk mengantisifasi kebakaran lahan sudah kami dirikan,” tegasnya.

Dari data yang ia peroleh, saat ini terdapat 28 titik api yang membakar ratusan hektar lahan di Kota Banjarbaru. Namun demikian, dampak yang ditimbulkannya belum dirasakan sepenuhnya oleh warga, lantaran kesigapan petugas melakukan pemadaman. Ia menghimbau kepada masyarakat, untuk bisa berperan serta dalam menjaga agar kebakaran lahan tidak terjadi di lingkungannya.

“Peran serta masyarakat sangat penting. Kami harapkan masyarakat melor jika ada pembakaran lahan,” pungkasnya. (san/klik)

BACA JUGA :
Habib Ahmad bin Hussein Aidid Tausiah di Masjid Agung Al Munawarah

Berita Terbaru

Scroll to Top