Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Lalulintas

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan, membuka kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2019, dilaksanakan Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, di Aula Linggangan Intan DPRD Kota Banjarbaru.

Panitia pelaksana kegiatan Kepala Bidang Jalan Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Zaini, menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memilih pelajar pelopor lalu lintas untuk keselamatan dalam berlalu lintas dan juga memberikan pemahaman tentang norma-norma dalam berlalu lintas, sebanyak 25 peserta perwakilan pelajar se Kota Banjarbaru yang mengikutinya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari.

Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan remaja adalah individu yang berada pada masa anak-anak menuju masa dewasa dan di tandai dengan perkembangan yang sangat cepat, dari aspek pisik, fisikis, dan sosial.

Salah satu nilai-nilai itu adalah penggunaan jalan raya bagi remaja yang akan melatarbelakangi bagaimana ia bersikap dan bertindak dengan mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas.

Sebagai contoh mulai empati yang dapat di aplikasikan dengan bagaimana kita dapat memberi ruang dan waktu bagi orang lain untuk bergerak, memeriksa apakah manuver kita membahayakan orang lain, memahami keterbatasan setiap pengguna jalan dan sebagainya.

Dan dari hasil penelitian WHO, menyebutkan kecelakaan lalu lintas yang disebabkan faktor kelalaian manusia atau human error memiliki kontribusi paling tinggi yakni mencapai antara 80-90 persen di bandingkan ketidaklaikan sarana kendaraan yang berkisar antara 5-10 persen, ataupun akibat kerusakan infrastruktur.

Para pelajar SMP dan SMA sangat rentan jadi korban kecelakaan berlalu lintas. Maka belajar dari hal tersebut, maka tata tertib berlalu lintas di jalanan umum tentu perlu diperkenalkan kepada generasi muda sejak usia dini.

BACA JUGA :
74 PNS Pemko Banjarbaru Terima SK Kenaikan Pangkat

Diharapakan pemahaman tertib lalu lintas dapat diketahui sejak awal, serta bisa menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, yang perlu diajarkan kepada para pelajar untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan angkutan di jalan.

H Darmawan Jaya menyampaikan bahwa kegiatan ini pada dasarnya adalah salah satu pembentukan karakter untuk para remaja, karena pelanggaran dan kecalakaan dalam berlalu lintas paling banyak adalah remaja.

Diharapkan peserta yang terpilih dapat mewakili Kota Banjarbaru di tingkat Provinsi akan mendapat kesempatan untuk mewakili Kalimantan Selatan di tingkat nasional nantinya. (rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top